Juara Dunia UCI MTB 2022 Jajal Sirkuit Palangka Raya

UCI MTB
COBA SIRKUIT: Gaia Tormena (kiri), juara dunia UCI 2022 di Barcelona mencoba sirkuit UCI MTB Eliminator World Championship 2023 di Palangka Raya, Rabu (8/11/2023). (DODI/RADAR SAMPIT)

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Juara dunia balap sepeda gunung Union Cyliste Internationale (UCI) Mountain Bike Eliminator tahun 2022 asal Italia Gaia Tormena menjajal sirkuit yang disiapkan untuk UCI MTB Eliminator World Championship 2023 di Palangka Raya, Rabu (8/11/2023). Gaia merupakan salah satu peserta event bergengsi tersebut.

Gaia Tormena merupakan juara dunia UCI MTB 2022 di Barcelona. Tormena menjadi wanita tercepat di kualifikasi, dengan catatan waktu 00:42.747. Perempuan itu bertabur prestasi, dengan juara dunia tiga kali, juara eropa lima kali, dan juara kejuaran di italia empat kali.

Bacaan Lainnya

Ketua Harian Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kalteng Rahmad Nasution Hamka mengatakan, UCI MTB Eliminator World Championship 2023 siap dilaksanakan dan tinggal finishing. Sirkuit nantinya akan menjadi tantangan bagi seluruh peserta, lantaran banyak tikungan tajam dan trek lurus, sehingga lomba semakin menantang.

Baca Juga :  Buru Pengguna Narkoba, Tim Gabungan Gelar Tes Urine Mendadak di Sejumlah THM di Palangka Raya

”Jadi banyak nanti kejutan. Trek lurusnya akan memperlihatkan kecepatan peserta saat berlaga,” ujarnya.

Rahmat menuturkan, ada beberapa atlet top dunia yang tiba di Palangka Raya, yakni berasal dari Hungaria, Prancis, Austria, Yunani, Denmark, dan Italia. ”Mereka datang lebih awal untuk melihat sirkuit sekaligus berwisata di Kota Palangka Raya,” katanya.

Atlet itu, yakni Iraklis Balafas (Yunani), Attila Gerely (Hungaria), Theo Hauser (Austria), Titouan Perrin Ganier (Prancis), Line Mygdam (Denmark) dan Gaia Tormena (Italia).

Menurut Rahmat, pengawasan ketat diberlakukan lantaran kejuaraan dunia balap sepeda gunung tersebut menggunakan system anti doping. ”Jadi nanti akan ada tes doping. Ini merupakan negara asia pertama melaksanakan kejuaraan dunia ini. Jadi Kalteng patut berbagga. Kita mengharumkan nama Indonesia di mata dunia,” ujarnya.

Pihaknya akan mengusulkan dua atlet Kalteng untuk ikut serta. Selain itu, beberapa atlet nasional juga dipastikan ikut. ”Bagi masyarakat yang ingin menyaksikan datang saja, tetapi harus mengisi google form yang ada kode barcode di akun Instagram ISSI Kalteng. Isi formulirnya, karena untuk para penonton umum nantinya akan dibatasi sesuai arahan dari panitia,” katanya. (daq/ign)



Pos terkait