Kado HUT ke-79 RI: PLN UID Kalselteng Terangi Harapan Keluarga Surya di Desa Samba Bakumpai

pln uid kalselteng
Surya (49), warga Desa Samba Bakumpai yangpenerima program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) 2024 yang dilaksanakan oleh PLN UID Kalselteng saat menyalakan lampu penerangan dirumahnya. (Kementerian ESDM Republik Indonesia)

BANJARBARU, radarsampit.com – Surya (49), warga Desa Samba Bakumpai yang terletak 80 kilometer dari Kota Palangka Raya, akhirnya merasakan cahaya dari lampu listrik di rumahnya.

Selama bertahun-tahun, Surya dan keluarganya bergantung pada lampu minyak sebagai satu-satunya sumber penerangan di malam hari.

Bacaan Lainnya

Namun, penggunaannya tidak hanya membatasi aktivitas mereka, tetapi juga menimbulkan risiko kesehatan, seperti gangguan pada paru-paru akibat menghirup asap pembakaran lampu secara terus-menerus.

Sehari-hari, Surya bekerja sebagai petugas kebersihan di Kecamatan Katingan. Rumah peninggalan orang tuanya telah lama tidak memiliki akses listrik, dan penghasilan yang ia peroleh hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Pada tahun 2019, Surya mencoba menyalur listrik dari rumah kerabatnya agar anak-anaknya bisa belajar di malam hari. Namun, perasaan sungkan sering menghantuinya setiap kali menyalakan lampu, karena ia harus berbagi listrik dengan tetangganya tersebut.

Baca Juga :  Ganjar Lepas Kepergian Seniman Ki Bono
pln kalselteng
Petugas PLN saat memasangan kWh meter dirumah Surya penerima manfaat program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) 2024 dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan yang dilaksanakan oleh PLN UID Kalselteng.

“Saya bersyukur ada saudara yang mau menyalurkan listrik, tapi keinginan untuk memiliki listrik sendiri tetap ada, terutama agar kami bisa menggunakan kulkas,” ujar Surya.

Kehadiran listrik di rumah Surya akhirnya terwujud berkat program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan yang dilaksanakan oleh PLN UID Kalselteng. Bantuan ini ditujukan kepada masyarakat tidak mampu di daerah-daerah yang sudah tersedia jaringan listrik PLN.

Bagi Surya, bantuan ini adalah kado terindah di momen HUT RI ke-79, yang memberinya harapan baru untuk masa depan keluarganya. Ia ingin anak-anaknya bisa mengenyam pendidikan yang lebih tinggi dan memiliki kehidupan yang lebih baik dibandingkan dirinya dengan adanya penerangan listrik ini.



Pos terkait