Kado Ulang Tahun RI: Wajah Baru Paspor Indonesia

Paspor Baru
DESAIN BARU: MenkumHAM Yosanna H. Laoly bersama Dirjen Imigrasi Silmy Karim saat launching desain paspor baru RI di Jakarta, Sabtu (17/8/2024).

JAKARTA, radarsampit.com – Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi menyematkan warna bendera kebangsaan Indonesia, merah putih dalam desain baru paspor Republik Indonesia yang diumumkan bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan ke-79 RI, Sabtu (17/8/2024).

Pada Launching Desain Baru Paspor RI yang bertempat di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly menyampaikan apresiasinya terhadap kinerja Ditjen Imigrasi yang semakin baik dan banyak membawa perubahan positif, terutama desain paspor yang baru sekaligus menjadi duta budaya Indonesia di dunia internasional.

Bacaan Lainnya

“Saya mengapresiasi kinerja Dirjen Imigrasi dan jajaran yang banyak membawa perubahan positif, terutama paspor dengan desain yang baru ini, yang tidak hanya menjadi identitas kita saat ke luar negeri, melainkan juga menjadi duta budaya yang memperkenalkan keindahan dan keunikan Indonesia kepada dunia”, tutur Menkumham dalam sambutannya.

Mendukung pernyataan tersebut, Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim menjelaskan bahwa desain baru paspor RI lebih dari perubahan warna sampul semata.

Baca Juga :  Radar Sampit Berbagi Berkah Ramadan

Standar dan rekomendasi internasional yang ditetapkan dalam The International Civil Aviation Organization (ICAO) Annex 9 tentang Facilitation Bab 3, Subbab C menegaskan bahwa setiap negara anggota harus secara berkala memperbarui teknik dan fitur pengaman paspor sesuai dengan perkembangan terbaru.

Hal ini dilakukan untuk menghindariupaya pemalsuan, replikasi, penggantian/penghapusan data dan modus operandi pemalsuan paspor lainnya.

paspor baru
Menkumham Yasonna Laoly (kanan) dan Dirjen Imigrasi Silmy Karim (kiri) menunjukan paspor dengan desain baru usai peluncuran, Sabtu (17/8/2024). Desain baru Paspor Republik Indonesia memiliki warna merah kombinasi putih dan bercorak 33 motif kain nusantara–FOTO : MUHAMAD ALI/JAWAPOS

Perubahan dan peningkatan desaipaspor tersebut, sebutnya, dilakukan sebagai respon dan adaptasi dengan perubahan lingkungan strategis keimigrasian yang meliputi aspek politik, hukum, sosial, budaya, dan keamanan.



Pos terkait