Karhutla Mulai Muncul, Warga Sukamara Diminta Waspada Cuaca Panas

sukamara
KARHUTLA: Tim TRC BPBD Sukamara bersama tim gabungan memadamkan kebakaran lahan, Selasa (30/7/24). FAUZIANNUR/RADAR SAMPIT

SUKAMARA, radarsampit.com – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kabupaten Sukamara mulai muncul. Salah satunya terjadi di Desa Natai Sedawak, Kecamatan Sukamara yang melahap sekitar 1,5 hektare, Selasa (30/7/24).

Untung saja api berhasil dipadamkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukamara bersama tim gabungan lainnya.

Bacaan Lainnya

Kepala Pelaksana BPBD Sukamara Supandi mengatakan informasi kebakaran diterima dari Rekan Tim TRC BPBD yang sedang patroli daerah rawan Karhutla di Desa Natai Sedawak.

Kemudian tim langsung ke lokasi dan melakukan pemadaman bersama gabungan TNI, Polri, Manggala Agni, KPHP Sukamara-lamandau, Damkar Sukamara, MPA Kelurahan Padang dan MPA Kelurahan Mendawai.

“Pemadaman dibantu dengan sapras mesin jinjing Manggala Agni, 2 truck Damkar, 2 truck water supply BPBD sehingga api bisa dipadamkan oleh tim. Pemadaman tipe permukaan dengan jenis tanah bergambut dan mineral,” jelas Supandi.

Baca Juga :  Sambut 1 Muharram, Warga Sukamara Gelar Tradisi Ini

Sebagai upaya preventif bencana Karhutla, pihaknya bersama tim lain menggiatkan patroli rutin  di daerah rawan kebakaran, serta menempatkan personil di pos yang sudah disiapkan.

Selain itu memberikan imbauan kepada masyarakat melalui spanduk dan lainnya agar tidak melakukan aktivitas membakar lahan dan aktifitas yang dapat menimbulkan kebakaran hutan dan lahan.

“Mari bersama-sama menjaga agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Sukamara. Peran masyarakat sangat diperlukan dalam upaya pencegahan dan penanggulangannya,” tukas Supandi. (fzr/fm)  

 



Pos terkait