Kaya Manfaat, Inilah 9 Khasiat Mujarab Daun Bidara untuk Kesehatan

daun bidara
Daun Bidara (Istimewa)

Radarsampit.com – Bidara merupakan pohon yang memiliki cabang berduri dan tumbuh setinggi 5–10 meter. Daun bidara berbentuk oval dengan permukaan mengilap berukuran panjang 2–7 sentimeter.

Tanaman ini kaya nutrisi, termasuk pada daunnya. Daun bidara diketahui mengandung ragam senyawa yang baik untuk tubuh, seperti alkaloid, triterpenoid, saponin, flavonoid, dan tanin.

Bacaan Lainnya

Kemudian ada kandungan saponin, tanin, dan flavonoid dalam daun bidara bersifat antioksidan yang dapat menghambat kerusakan sel akibat radikal bebas.

Beberapa senyawa yang ada di daun bidara juga bersifat antimikroba dan antibakteri. Daun bidara memiliki khasiat antioksidan, antiinflamasi, antimikroba, antifungi dan mencegah timbulnya tumor.

Air rebusan daun bidara telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan dan dijadikan ramuan herbal oleh masyarakat.

Inilah 9 manfaat air rebusan daun bidara untuk kesehatan tubuh:

Baca Juga :  Inilah 5 Manfaat Kopi bagi Kehidupan Manusia

1. Mengobati Sariawan
Sariawan merupakan kondisi akibat dari kekurangan vitamin C.

Antioksidan yang terkandung dalam daun bidara dapat mengobati sariawan. Antioksidan dapat membantu melindungi dari bakteri mulut.

Selain bisa mengobati sariawan, daun bidara juga berfungsi mengatasi berbagai masalah di mulut, seperti bibir pecah-pecah.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah
Kandungan flavonoid dalam daun bidara dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Flavonoid dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi resistensi insulin.

3. Menjaga Kesehatan Jantung
Kandungan antioksidan dalam daun bidara dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Sehingga dengan adanya kandungan antioksidan dapat membantu melindungi sel-sel jantung dari kerusakan akibat radikal bebas.

4. Mengontrol Siklus Menstruasi
Dalam beberapa budaya, air rebusan daun bidara telah lama digunakan untuk membantu mengatur siklus menstruasi.

Senyawa yang terkandung dalam daun bidara dapat memengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh dan membantu mengurangi gejala PMS serta menstruasi yang tidak teratur.



Pos terkait