Keluarga Anisa Terbantu Program Jaminan Kesehatan Nasional

jkn
JAMINAN KESEHATAN : Anisa Fitri Mandira (32), PNS Kota Palangka Raya terbantu program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk mendapatkan layanan kesehatan secara cepat, mudah dan setara. ISTIMEWA/RADAR SAMPIT

Menurutnya, Program JKN ini sangat membantu bagi saya dan keluarga di kala darurat seperti ini, apalagi kalau sakit tidak bisa kita prediksi ya kapan akan datang.

Dia juga sering menawarkan ke orang-orang sekitar saya yang belum menjadi peserta Program JKN untuk mulai mendaftar menjadi peserta. Kalaupun tidak punya cukup uang untuk membayar iurannya, bisa ikut mendaftar sebagai peserta yang didaftarkan oleh pemerintah Kota Palangka Raya.

Bacaan Lainnya

“Apalagi untuk Kota Palangka Raya juga sudah UHC (Universal Health Coverage), jadi mereka tetap bisa mendapatkan akses layanan kesehatan yang baik secara gratis dan tanpa dibeda-bedakan dengan pasien yang membayar secara mandiri,” imbuh Anisa.

Terkait sang anak, Anisa sedang berada di salah satu rumah sakit di Kota Palangka Raya, Anisa pun menceritakan bahwa ia sudah beberapa kali memperoleh layanan kesehatan menggunakan Program JKN baik untuk dirinya sendiri maupun untuk anggota keluarganya.

Baca Juga :  Polda Kalteng Siap Amankan Idulfitri

Namun kali ini, putra kedua Anisa harus harus mendapatkan pelayanan rawat inap karena mengalami demam tinggi selama dua hari.

Selain itu, Garren juga mengalami kesulitan bernafas yang disebabkan adanya lendir di paru-paru, ia sering menolak ketika diberikan minum sehingga Anisa memutuskan untuk membawanya ke rumah sakit.

Anisa melanjutkan cerita bahwa sebelum membawa putranya ke rumah sakit, ia memanfaatkan Aplikasi Mobile JKN untuk memeriksa dimana saja fasilitas kesehatan terdekat dengan rumahnya serta berapa banyak ketersediaan tempat tidur yang ada pada saat itu.

“Malam itu saya iseng-iseng buka Aplikasi Mobile JKN sebelum pergi ke rumah sakit, saya juga memantau ketersediaan tempat tidur di beberapa rumah sakit yang dekat dengan rumah saya. Ternyata fasilitas kesehatan terdekat adalah rumah sakit ini dan saya baru tahu kalau rumah sakit ini juga sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dari Aplikasi Mobile JKN. Terus saya langsung ke rumah sakit lalu disarankan untuk mendapatkan perawatan,” ujar Anisa. (daq/fm)

Baca Juga :  Bandar Sabu Kelas Kakap di Palangka Raya Gagal Kelabui Aparat

 

 



Pos terkait