Kelurahan Ketapang dan Desa Pangkalan Durin Jadi Wakil Kalteng

lomba desa kelurahan
ilustrasi data lomba

Berdasarkan Surat Kemendagri 3 Maret 2023 bahwa penyelenggaraan  lomba desa dan kelurahan tahun 2023 digelar untuk meningkatkan motivasi dan swadaya  masyarakat serta evaluasi keberhasilan pemberdayaan masyarakat dan pembangunan desa dan kelurahan sehingga perlu dilaksanakan  perlombaan desa dan kelurahan tingkat provinsi sebagai lanjutan perlombaan desa dan kelurahan di tingkat kabupaten kota tahun 2023.

Lurah Ketapang Supriyadi mengatakan, Kelurahan Ketapang telah mengikuti tahap seleksi pada Februari 2023 lalu. Kecamatan Mentawa Baru Ketapang mengirimkan lima kelurahan untuk lomba, yakni Kelurahan Ketapang, Mentawa Baru Hilir, Mentawa Baru Hulu, Sawahan, dan Pasir Putih.

Bacaan Lainnya

Dari kelima kelurahan yang diusulkan mengikuti perlombaa kelurahan di tingkat kabupaten, Kecamatan MB Ketapang menetapkan Kelurahan Ketapang untuk mewakili Kecamatan MB Ketapang dalam perlombaan kelurahan di tingkat kabupaten.

Baca Juga :  Polres Kotim Ungkap Modus Paket Handphone Berisi Ganja

“Sesuai arahan Pak Bupati, semua kelurahan wajib ikut, tetapi dari 17 Kecamatan se-Kotim tidak semua mengirimkan, karena ada kecamatan yang tidak ada kelurahan dan ada juga yang hanya ada 1 atau 2 kelurahan. Sehingga, hanya ada tiga kecamatan yang mengikuti perlombaan kelurahan yaitu di Kecamatan MB Ketapang mengikutikan lima kelurahan, Baamang lima kelurahan dan Kotabesi lima kelurahan. Masing-masing dipilih satu kelurahan untuk mewakili di tingkat kabupaten,” kata Supriyadi, Kamis (29/6).

Pada 20 Maret 2023, Tim Penilai dari DPMD Kotim melakukan penilaian di bidang pemerintahan, pendidikan, kesehatan, pemasyarakatan , termasuk PKK dalam hal peran dan pembinaan kelurahan.

“Dari tiga kelurahan yang diusulkan oleh kecamatan, tim penilai DPMD menetapkan Kelurahan Ketapang sebagai juara I, Kotabesi juara II dan Baamang juara tiga tingkat kabupaten. Dari ketiga kelurahan ini, Kelurahan Ketapang yang berhak mewakili Kotim untuk mengikuti perlombaan kelurahan di tingkat provinsi,” katanya.

Sebelum dilakukan penilaian oleh Tim Penilai dari DPMD Provinsi Kalteng, Kelurahan Ketapang menyerahkan dokumen yang dibutuhkan terkait penilaian di bidang pemerintahan, kemasyarakatan dan kewilayahan.



Pos terkait