Kemeriahan Pembukaan MTQ ke-55 Tahun Tingkat Kabupaten Kotim di Samuda 

Menelan Anggaran Rp1,8 Miliar, Persiapan Matang, Masyarakat Antusias Menyaksikan

mtq beasiswa
MEMBERIKAN : Bupati Kotim Halikinnor saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan MTQ ke-55 tahun yang diselenggarakan di Lapangan Porsada, Kelurahan Basirih Hilir, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Minggu (7/7/2024) malam. (HENY/RADARSAMPIT)

Pandangan meredup, pengunjung yang sedang asyik menyantap makanan, mencari cahaya seadanya untuk melanjutkan makanannya yang tertunda.

Lama mengamati gerak-gerik pengunjung yang terus berdatangan mengisi kursi plastik hampir di setiap sisi lapangan. Pembukaan yang dijadwalkan jam 19.30 WIB tak kunjung dimulai meski satu jam sudah waktu berlalu.

Bacaan Lainnya

Yang dinanti akhirnya datang juga. Bupati Kotim Halikinnor tiba sekitar jam 20.25 WIB membawa Ustaz Soleh Mahmoed (Solmed) penceramah asal Jakarta yang akan mengisi ceramah setelah acara pembukaan MTQ ini.

Penampilan 120 pemain drum band bertemakan Rahmatan lil alamin mengawali pembukaan acara MTQ. Dilanjutkan penampilan tarian Lentera Hati yang melibatkan 500 penari kolosal binaan TP PKK Kecamatan Mentaya Hilir Selatan yang kompak mengenakan gamis putih yang masing-masing membawa lampion sebagai pencerah malam itu.

Selama kurang lebih 40 menit ratusan penari menghibur pengunjung terutama pejabat yang duduk manis di panggung kehormatan.

Baca Juga :  Momen HUT Korpri Jadi Pelecut Semangat Perbaikan Layanan Publik

Acara dilanjutkan doa dan pembacaan kalam ilahi oleh Qori berprestasi asal Kecamatan Mentaya Hilir Selatan bernama Rahmat Tawakal. Tak lupa pengunjung diminta berdiri menyanyikan Indonesia Raya dan Mars Habaring Hurung dan dilanjutkan pengibaran bendera LPTQ oleh paskibraka tepat di depan panggung kehormatan.

Meski malam semakin larut, pengunjung yang diperkiraan mencapai ribuan orang tetap semangat menyaksikan setiap rangkaian acara.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Pelaksana MTQ yang juga sebagai Camat MHS Syahrial mengatakan, pembukaan MTQ ke-55 tahun Minggu (7/7/2024) malam, bertepatan dengan peringatan Hari Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah.

Pagi harinya, seluruh kafilah dari 17 kecamatan se-Kotim dan seluruh SOPD Se-Kotim ikut meramaikan kegiatan pawai taaruf yang diikuti kurang lebih 3.200 peserta, termasuk ormas islam, pelajar pendidikan, dan masyarakat umum.

”Setelah Pawai Taaruf, sekitar jam 10.00 WIB Bupati Kotim juga telah melantik 64 Dewan Hakim dan Panitera MTQ ke-55 tahun di Aula Kantor Kecamatan MHS,” kata Syahrial.



Pos terkait