Kemeriahan Pembukaan MTQ ke-55 Tahun Tingkat Kabupaten Kotim di Samuda 

Menelan Anggaran Rp1,8 Miliar, Persiapan Matang, Masyarakat Antusias Menyaksikan

mtq beasiswa
MEMBERIKAN : Bupati Kotim Halikinnor saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan MTQ ke-55 tahun yang diselenggarakan di Lapangan Porsada, Kelurahan Basirih Hilir, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Minggu (7/7/2024) malam. (HENY/RADARSAMPIT)

Syahrial mengatakan, MTQ ke-55 tahun ini mengusung tema, “Dengan MTQ dan FSQ tingkat kabupaten, mari kita tingkatkan pemahaman dan pengamalan Al Quran untuk Kotim berkah”.

MTQ ke-55 tingkat kabupaten oleh pelaksana Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kotim dan Festival Seni Qasidah (FSQ) ke-10 tahun oleh pelaksana DPD Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI)Nusantara Jaya Kotim digelar selama lima hari mulai 7-11 Juli 2024.

Bacaan Lainnya

”Pelaksanaan lomba MTQ dan FSQ dilaksanakan di delapan titik lokasi di Lapangan Porsada, halaman Kantor Basirih Hilir, SMAN 1 MHS, SMP 1 MHS, MTSN 2 Kotim, SMAS IT Al Madaniyah, Masjid Nuruddin dan Masjid Al Ikhlas,” katanya.

Lebih lanjut, Syahrial mengatakan terdapat 22 cabang lomba MTQ yang diikuti sebanyak 506 peserta dan 4 cabang lomba FSQ sebanyak 304 peserta, sehingga total berjumlah 610 peserta dari perwakilan 17 kafilah di masing-masing kecamatan se-Kotim.

Baca Juga :  Didatangi Aparat, Puluhan Pembalap Liar Berhamburan

”Kecamatan MHS sebagai tuan rumah mengirimkan 100 peserta yang mengikuti MTQ dan FSQ. Selama acara berlangsung, panitia juga sudah menyiapkan 22 unit rumah warga untuk dijadikan pemondokan bagi para kafilah di 17 kecamatan beristirahat,” katanya.

Suksesnya pembukaan MTQ ke-55 tahun juga tak luput dari peran dukungan Pemkab Kotim yang menganggarkan dana sebesar Rp1,8 miliar, bersumber dari APBD Kotim melalui DPA Kecamatan Mentaya Hilir Selatan.

”Alhamdulillah, melalui dana APBD ini sudah lebih dari cukup mengkaver sebagian besar biaya persiapan lokasi hingga biaya operasional termasuk biaya mendatangkan penceramah Ustaz Solmed yang dialokasikan sebesar Rp100 juta, ternyata berlebih. Hanya Rp40 juta, sehingga sisa dana yang ada harus dikembalikan ke Pemkab Kotim,” ujar Syahrial.

Di samping itu, dukungan dalam acara pembukaan MTQ juga diperoleh dari tujuh perusahaan diwilayah setempat, Bank Kalteng dan KPU Kotim dengan total sumbangan dari berbagai pihak sebesar Rp 80,5 juta.

”Sumbangan dana ini untuk menutupi berbagai keperluan yang tidak terkaver melalui dana APBD. Alhamdulillah dengan dukungan dana dari Pemkab Kotim dan sumbangan dana dari berbagai pihak, kegiatan MTQ dan FSQ serta bazar dapat terlaksana lancar,” katanya.



Pos terkait