Kemeriahan Pembukaan MTQ ke-55 Tahun Tingkat Kabupaten Kotim di Samuda 

Menelan Anggaran Rp1,8 Miliar, Persiapan Matang, Masyarakat Antusias Menyaksikan

mtq beasiswa
MEMBERIKAN : Bupati Kotim Halikinnor saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan MTQ ke-55 tahun yang diselenggarakan di Lapangan Porsada, Kelurahan Basirih Hilir, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Minggu (7/7/2024) malam. (HENY/RADARSAMPIT)

Sementara itu, Bupati Kotim Halikinnor memberikan apreasiasi dan penghargaan kepada panitia dan semua pihak yang telah mendukung kesuksesan acara pembukaan MTQ ke-55 tahun ini.

”Saya sangat mengapresiasi kerja keras panitia MTQ di Kecamatan Mentaya Hilir Selatan yang saya nilai cukup matang dipersiapkan. Saya cukup bangga menyaksikan antusiasme masyarakat MHS yang sangat tinggi dari masa persiapan hingga pelaksanaan rangkaian acara pembukaan MTQ malam ini,” kata Halikinnor saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan MTQ ke-55 tahun.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan itu, Halikin juga mengucapkan selamat datang kepada para qori dan qoriah, para hafizh dan hafizhah, para mufassir dan mufassirah serta peserta festival qasidah rebana terbaik dari masing-masing kecamatan.

Menurutnya, nilai ajaran Alquran perlu ditumbuh-kembangkan melalui proses pendidikan baik formal maupun informal, termasuk diantaranya melalui MTQ dalam berbagai cabang keilmuan Alquran yang diselenggarakan secara berjenjang hingga tingkat internasional.

Baca Juga :  Tanggal 1 Oktober Diperingati Sebagai Hari Apa Saja, Cek Daftarnya di Sini

”Sungguh keliru apabila pelaksanaan MTQ hanya dipahami dari sisi kegiatan syiar keagamaan, tanpa mampu memaknai lebih komprehensif. Pemahaman dan kesadaran perlu dibangun dalam nurani dan pikiran setiap masyarakat, sehingga kegiatan MTQ tidak hanya disikapi sebagai kegiatan rutinitas seremonial semata, tetapi mampu menjadi momentum strategis mewarnai pelaksanaan pembangunan dan perilaku kehidupan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan nilai-nilai qur’aani,” kata Halikinnor dengan suara yang terdengar serak.

Lebih lanjut Halikin mengatakan, Pemkab Kotim juga telah menganggarkan bantuan untuk rumah ibadah di Kotim sebesar Rp13.025.700.000 yang sudah mulai direalisasikan tahun 2024 ini.

”Di program lain, Pemkab Kotim juga memberikan insentif guru mengaji. Di mana telah dianggarkan insentif guru mengaji pada tahun anggaran 2024 ini sebanyak 1.000 orang guru mengaji, yang akan berkesempatan mendapat insentif dari seluruh wilayah Kotim. Semoga dengan adanya insentif guru ngaji ini dapat menjadikan semangat guru mengaji untuk menebar kebaikan yang lebih luas lagi,” kata Halikin.



Pos terkait