Kesadaran Masih Rendah, Oknum Warga Kapuas Tetap Buang Sampah meski Ada Papan Larangan

sampah kapuas
Di ruas Jalan Tjilik Riwut, Kelurahan Selat Hulu, tumpukan sampah makin meningkat meski sudah dipasang papan larangan membuang sampah di lokasi tersebut

KUALA KAPUAS, radarsampit.com – Kesadaran sebagian masyarakat Kuala Kapuas dalam menjaga lingkungan dinilai masih rendah. Salah satu kasusnya, di ruas Jalan Tjilik Riwut, Kelurahan Selat Hulu, tumpukan sampah makin meningkat meski sudah dipasang papan larangan membuang sampah di lokasi tersebut.

Hal itu membuat Marni (38), warga sekitar geram. Setiap kali ia melintasi jalan tersebut, selalu menemukan kumpulan plastik sampah hingga ke aspal jalan.

Bacaan Lainnya

”Mau diapakan juga, orang-orang tetap akan buang sampah di situ, karena sudah terbiasa buangnya di situ,” kata Marni, Selasa (16/7).

Dia menuturkan, di samping langkah persuasif untuk mendorong kesadaran masyarakat agar peduli terhadap lingkungan, ada langkah lainnya seperti sanksi dalam mengatasi masalah tersebut.

Menurutnya, pemerintah hingga ketua RT di tempatnya sudah sering mengimbau warga agar tidak sembarangan membuang sampah, terlebih di ruas jalan tersebut. ”Kemungkinan sampah-sampah dibuangnya malam hari. Kebetulan posisi rumah warga di sini agak jauh, jadi tidak ada yang menegur,” katanya.

Baca Juga :  PWI Kalteng Raih 12 Medali di Porwanas 2024

Beberapa ruas jalan utama di Kota Kuala Kapuas sendiri relatif terjaga kebersihannya. Namun, ketika memasuki beberapa ruas jalan pinggiran kota, sampah terlihat berserakan. Bahkan menjadi tempat pembuangan sampah (TPS) dadakan, meski ada papan imbauan dan larangan. (rm-107/ign)

 



Pos terkait