Ketika Pedagang Melayani Wabup Kotim Irawati Berbelanja di PPM Sampit

Keluhkan Munculnya Pedagang Liar hingga Minta Perbaikan Jalan PPM yang Rusak

Irawati
MENDENGAR: Wakil Bupati Kotim Irawati berbelanja sekaligus mendengar keluh kesah pedagang PPM, Sabtu (3/8/2024). (HENY/RADAR SAMPIT)

Sambil berbelanja, Irawati juga memantau harga komoditas bahan pokok, seperti beras siam epang seharga Rp18 ribu per kg, minyak kita Rp16 ribu per liter, bawang merah Rp25-30 ribu per kg, bawag putih Rp38-40 ribu per kg, lombok kering Rp120 ribu per kg.

”Bawang merah terakhir saya beli Rp40 ribu per kg, sudah satu minggu ini turun jadi Rp25-30 ribu per kg. Untuk lombok kering ini, wajib ada di dapur, karena setiap Jumat menyediakan nasi kuning berkah pakai lauk ayam dan telur masak merah,” ucapnya.

Bacaan Lainnya

Irawati juga mengaku tak punya langganan tetap. Dia berbelanja dengan pedagang mana saja sesuai barang yang ia cari dan butuhkan.

”Semua pedagang digilir saja, dimana ada barang yang dicari, disitu saya mampir. Kapan-kapan bantu belanja di pedagang lain lagi, jadi tahu perbedaan harga,” katanya.

Baca Juga :  Nekat Pasang Tarif Lebihi Aturan, Dishub Ancam Cabut Izin Pengelola Parkir

Irawati juga membeli emping belinjo seharga Rp120 per kg dan bawang merah Rp25 ribu per kg. Dari areal pasar kering di PPM, Irawati melanjutkan langkah kakinya menuju Pasar Ikan Mentaya. Sebagai orang nomor dua di Kotim, ia tak terlihat risih menginjakkan kaki di atas lantai yang basah dan berbau amis.

Langkahnya terhenti di lapak yang menjual ikan kakap merah yang terlihat segar. Ikan itu dijual seharga Rp85 ribu per kg dan udang manis Rp65 ribu per kg. Tidak hanya ikan kakap, ia juga membeli ikan lain di pedagang lain yang lapaknya saling berhadapan.

Selesai berbelanja, Irawati masih meneruskan langkahnya menuju lapak sayur yang berada di ujung pasar.

Suhartati, selaku pedagang sayur menyambut Irawati seakan menunjukkan bahwa Wabup Kotim sudah biasa berbelanja sayur di tempatnya. Kali itu Irawati berbelanja habis sekitar Rp470 ribu hanya untuk belanja aneka sayur mayur, cabai rawit, dan lainnya.

Sambil melayani Wabup Kotim, Hartati bercerita, setelah kunjungan Presiden ke PPM Rabu (26/6) lalu, ia merasa sejumlah harga komoditas kebutuhan bahan pokok anjlok.

Baca Juga :  Ibadah di Madinah Lancar, Jemaah Kotim Tiba di Mekkah

Misalkan tomat yang sebelumnya sempat mencapai Rp40 ribu kini turun menjadi Rp12 ribu per kg, brokoli putih dari Rp40 ribu turun Rp35 ribu per kg, buncis dari Rp30 ribu turun Rp20 ribu per kg, kangkung Rp4 ribu per ikat, sawi Rp13 ribu per ikat, dan bayam Rp8 ribu per ikat.



Pos terkait