Ketika Satwa Berbahaya Kian Sering ‘Mengunjungi’ Warga Palangka Raya

King Cobra Mengintai di Balik Kasur, Selamat setelah Kucing 'Berteriak'

ular kobra
EVAKUASI: Rescue Damkar Kota Palangka Raya saat melakukan evakuasi ular berbisa yang masuk bawah kasur warga di Jalan Yos Sudarso. (Istimewa)

Satwa berbahaya kian sering mendatangi kediaman warga Palangka Raya. Jika tak waspada dan hati-hati, warga bisa celaka.

DODI, Palangka Raya | radarsampit.com

Teror bintang berbahaya nan ganas di Kota Palangka Raya kali ini terjadi di Jalan Yos Sudarso Ujung, Kelurahan Bukit Tunggal. Ular jenis King Cobra Kalimantan masuk ke sebuah warung yang sekaligus jadi tempat tinggal warga. Hewan itu bersembunyi di balik kasur.

Satwa melata dengan bisa mematikan itu diperkirakan sepanjang 3,5 cm. Nasib baik masih menyertai penghuni warung, yang lolos dari patukan maut ular tersebut.

Komandan Rescue Damkar Kota Palangka Raya Sucipto mengatakan, awalnya pemilik warung, Sheira, tidur di kamar tempat usahanya. Tiba-tiba terdengar kucingnya di halaman mengeong dengan keras.

Sheira yang merasa terganggu, lalu mendatangi kucing tersebut. Dia langsung kaget begitu melihat ular King Cobra Kalimantan warna kehijauan daun muda, bergerak dan bersembunyi di bawah kasur tempatnya tidur sebelumnya.

Posisi ular membentuk lingkaran dengan kepala seperti siap mematuk. Setelah menghubungi Rescue Damkar, satwa itu akhirnya dievakuasi.

Baca Juga :  Pembunuh Majikan secara Sadis Dituntut 20 Tahun Penjara

”Ularnya sangat berbisa dan evakuasi pun tidak sembarangan. Perlu waktu lebih dari 30 menit,” ujar Sucipto, Minggu (30/6/2024).

Saat evakuasi sempat terjadi perlawanan. Namun, dengan peralatan yang memadai, akhirnya ular tersebut dapat dikuasai dan diamankan.

”Kejadian seperti ini sudah sering kali terjadi dan kami tangani. Ular masuk rumah diduga karena ekosistem rusak,” ujar Sucipto.

Setelah diamankan, ular tersebut dimasukkan karung berlapis dua agar tak lolos. Setelah itu dilepasliarkan ke lokasi yang jauh dari pemukiman masyarakat. (***/ign)   



Pos terkait