Ketika Tugas Polisi Tak Hanya Menangkap Penjahat

Dilapori Warga, Langsung Turun Membantu Kakek Tersesat

POLISI BANTU KAKEK
BANTU KAKEK: Aparat di Katingan membantu kakek yang sempat tersesat, Jumat (4/8/2023). (ISTIMEWA/RADAR SAMPIT)

Tugas polisi tak hanya berkutat menangkap penjahat. Ada kalanya aparat turun membantu kesulitan masyarakat. Demikianlah seharusnya mereka sebagai pengayom rakyat.

HARI SOSILO, Kasongan | radarsampit.com

Bacaan Lainnya

Seorang pria renta berjalan sendirian menembus gelapnya malam. Kakek tersebut terlihat bingung saat menyusuri jalan di sekitar Desa Tarusan Danum, Kecamatan Tewang Sanggalang Garing, Kabupaten Katingan.

Warga setempat yang melihat sang kakek seperti kehilangan arah, langsung melapor ke Mapolsek Tewang Sanggalang Garing dan Pulau Malan. Laporan itu langsung direspons dengan cepat.

Petugas langsung bergerak menuju lokasi sang kakek. Lalu membawanya ke Mapolsek Tewang Sanggalang Garing dan Pulau Malan.

”Mendapati laporan warga, penjemputan langsung dilakukan anggota jaga. Sampai di mapolsek, saat ditanya nama dan alamat, si kakek nampak kebingungan. Tidak menjawab sedikit pun pertanyaan yang dilontarkan petugas,” kata Kapolsek Tewang Sanggalang Garing dan Pulau Malan, Ipda Didik Suhardianto, Jumat (4/8).

Baca Juga :  Persiapan Kalteng Putra Menyambut Liga Dua

Petugas lalu memeriksa tas dan saku baju serta celana kakek tersebut. Akan tetapi, tak ada identitas melekat padanya, baik KTP atau lainnya.

Tak kehilangan akal, setelah menggali sejumlah informasi dari kakek itu, petugas jaga kemudian mengunggahnya di media sosial. Upayanya membuahkan hasil. Warga yang mengetahui asal sang kakek memberikan informasi. Termasuk anggota Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kecamatan Katingan Hilir.

”Kakek itu bernama Bakran. Usianya 73 tahun. Dari Desa Amawang Kiri, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan,” ujarnya.

Sang kakek kemudian dijemput langsung ke Mapolsek Kecamatan Katingan Hilir. Lalu diberangkatkan menuju tempat asalnya, Kamis (3/8) siang.

”Berkaca dari kejadian ini, kami berpesan kepada semua pihak yang memiliki orang tua atau kakek dan nenek yang sudah tua apalagi pikun, agar selalu mengawasi pergerakan mereka. Usahakan menyimpan KTP di tas yang dibawa, supaya memudahkan untuk mencari alamat,” katanya. (***/ign)



Pos terkait