Kondisi Udara di Kobar Masih Baik

9 asap
KARHUTLA: Kondisi udara di Pangkalan Bun masih tergolong baik sehingga penerbangan tidak terganggu. (HERU/RADAR SAMPIT)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Meski kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Kotawaringin Barat terjadi setiap hari, namun kondisi udara masih terbilang bersih.

Berdasarkan prakiraan BMKG Stamet Iskandar Pangkalan Bun, kabut terjadi pada pukul 01.00 WIB sampai 04.00 WIB dinihari akibat kondisi fog atau mist atau  faktor udara dingin.

Bacaan Lainnya

“Untuk wilayah Kobar secara keseluruhan kualitas udara masih bagus, berbeda di lokasi kebakaran hutan terlebih dalam skala besar dengan durasi waktu yang lama kualitas udara di sekitarnya kurang sehat,” terangnya, Jumat (18/8).

Saat ini kualitas udara di Kotawaringin Barat berdasarkan pengecekan data konsentrasinya berada di Particulate Matter (PM) 2.5, hal itu menunjukkan masuk kategori baik hingga sedang.

Keterangan konsentrasi PM 0 – 15.5 kategori baik, 15.6-55.4 PM kategori sedang, 55.5 – 150.4 Pm tidak sehat, 150.5 – 250.4 PM kategori sangat tidak sehat, sementara 250.4 Pm kategori berbahaya.

Baca Juga :  Merasa Jadi Korban Kartel Narkoba, Dua Terdakwa Ini Minta Dibebaskan

“Saat ini kondisi kualitas kita secara dominan masih baik dan sehat, semoga karhutla tidak terus terjadi,” harapnya.

Sementara itu  cuaca pada 18 Agustus 2023 menunjukan bahwa kondisi masih cerah berawan dengan suhu mencapai 24 hingga 33 derajat Celcius. “Potensi karhutla hingga esok hari masih tinggi, terlebih di Kalteng hot spot banyak terpantau,” pungkasnya. (tyo/yit)

 



Pos terkait