Lahan Dua Desa di Tewang Sanggalang Garing Jadi Arang

11 katingan karhutla
KARHUTLA: Tim gabungan memadamkan api di wilayah Tewang Sanggalang Garing, Kabupaten Katingan, belum lama ini. (Istimewa)

KASONGAN, radarsampit.com – Kebakaran lahan terjadi di Kecamatan Tewang Sanggalang Garing, Kabupaten Katingan. Relawan gabungan dari TNI, BPBD Kabupaten Katingan, dan UPT KPHP Katingan Hulu langsung ke lokasi untuk memadamkan api.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Katingan Markus mengatakan, kebakaran terjadi di dua tempat, yaitu di Desa Hapalam dan di Desa Tumbang Tarusan, Kecamatan Tewang Sangalang Garing. Kebakaran dipicu kondisi cuaca panas.

Bacaan Lainnya

Kapolres Katingan AKBP I Gede Putu Widyana melalui Kapolsek Tewang Sangalang Garing dan Pulau Malan Ipda Didik Suhardianto mengatakan, pemadaman sempat terkendala lokasi yang sulit dijangkau. Lokasi yang terbakar memiliki topografi lahan gambut yang sangat tebal.

“Lahan yang terbakar berada di lokasi tanah gambut tebal, terdapat tanaman pakis dan semak-semak kering serta tanaman sawit milik masyarakat yang mudah terbakar,” sebut Didik.

Baca Juga :  Jambore UMKM Wilayah Barat Sepakat Digelar September 2023

Tim gabungan berhasil memadamkan api sehingga tidak meluas. Selanjutnya kepolisian melakukan penyelidikan untuk mengungkap pelaku pembakaran lahan. ”Kami meminta kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran hutan maupun lahan. Dampak negatifnya sangat luas. Ada sanksi pidana bagi pelaku,” pungkasnya. (sos/yit)



Pos terkait