Libatkan WNA China, Tambang Emas Ilegal Rugikan Negara Rp1 Triliun

tambang emas ilegal
Aparat TNI/Polri mengamankan perahu pompa penambangan emas ilegal yang merusak lingkungan di Kecamatan Empanang perbatasan Indonesia-Malaysia, wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Kasus yang melibatkan YH ini menjadi salah satu dari sekian banyak kasus tambang emas ilegal di Kalbar yang mengakibatkan kerugian besar bagi negara dan berdampak pada lingkungan.

Kementerian ESDM dan aparat penegak hukum bekerja sama dalam menangani masalah ini, di tengah upaya meningkatkan kesadaran dan kepatuhan terhadap aturan pertambangan yang berlaku.Dengan potensi sumber daya alam yang besar, kata Pipit, Kalbar sering kali menjadi sasaran pertambangan ilegal.

Bacaan Lainnya

Namun, pemerintah daerah dan aparat penegak hukum berupaya keras mengatasi masalah ini guna melindungi kekayaan alam dan kelestarian lingkungan, sekaligus mengurangi dampak negatif bagi masyarakat sekitar.

“Melalui penegakan hukum yang ketat, diharapkan aktivitas pertambangan ilegal dapat dihentikan, dan kegiatan tambang yang legal dan berkelanjutan dapat terus dikembangkan demi kesejahteraan bersama,” kata Pipit.(*)



Baca Juga :  Pos Penyekatan Kalteng-Kalbar Diaktifkan Kembali

Pos terkait