Lima Paslon Siap Bertarung di Pilkada Kapuas 2024

ilustrasi pilkada serentak
Ilustrasi Pilkada Serentak

KUALA KAPUAS, radarsampit.com – Perebutan kursi Bupati dan Wakil Bupati Kapuas dalam Pilkada 2024 semakin menarik dengan konfirmasi resmi lima pasangan calon (paslon) yang siap bertarung.

Setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas secara resmi menutup masa pendaftaran pada 29 Agustus, terungkap siapa saja yang akan maju dalam pemilihan yang dijadwalkan berlangsung pada November tahun ini.

Bacaan Lainnya

Ketua KPU Kapuas Deden Firmansyah, mengungkapkan bahwa dalam tiga hari masa pendaftaran yang berlangsung dari tanggal 27 hingga 29 Agustus 2024, pihaknya menerima lima berkas pendaftaran paslon.

”Pada hari pertama, kami menerima satu pasangan calon. Tidak ada yang mendaftar di hari kedua, dan pada hari terakhir, kami menerima empat berkas pendaftaran secara berurutan,” ujar Deden, Kamis (29/8/2024).

Deden merinci, pasangan Erlin Hardi dan Alberkat Yadi menjadi yang pertama mendaftar pada 27 Agustus 2024, pukul 14.21 WIB. Sedangkan pada hari kedua, tidak ada pendaftaran yang masuk. Namun, pada hari terakhir, empat paslon lainnya mendaftar secara berturut-turut.

Baca Juga :  Truk Nyaris Celaka karena Kelebihan Muatan Jelang Masuk Jembatan Sungai Arut

”Paslon yang mendaftar pada hari terakhir adalah Wiyatno-Dodo pada pukul 10.50 WIB, disusul oleh Habib Banua-Tommy Saputra pada pukul 12.34 WIB, kemudian Alfian-Agati pada pukul 13.55 WIB, dan terakhir, Dealdo-Farij Ismeth pada pukul 16.17 WIB,” jelas Deden.

Dengan demikian, lima paslon telah dipastikan akan bersaing dalam Pilkada Kapuas 2024. Tidak banyak perubahan dari paslon yang sebelumnya dideklarasikan, baik oleh kandidat maupun partai pengusungnya.

“Berkas pendaftaran ini akan melalui tahapan verifikasi dan pemeriksaan kesehatan sebelum ditetapkan secara resmi oleh KPU pada 22 September mendatang,” tambah Deden.

Sebagai bagian dari tahapan Pilkada, para paslon akan menjalani pemeriksaan kesehatan pada 27 Agustus hingga 3 September 2024. Setelah itu, berkas pendaftaran akan diperiksa dan diteliti hingga penetapan final oleh KPU pada 22 September 2024.

Menariknya, pada hari terakhir pendaftaran, beberapa paslon bersama pendukung mereka memilih berjalan kaki dari rumah pemenangan menuju Kantor KPU Kapuas di Jalan Tambun Bungai.



Pos terkait