Makin Mudah Urus SIM, Pemohon Boleh Latihan di Lokasi Ujian Praktik  

uji praktik sim
INOVASI: Kapolres Kotim AKPB Sarpani meluncurkan inovasi Kelakai sekaligus meresmikan lapangan dengan standar baru sesuai dengan instruksi Kapolri di Lapangan Satlantas Polres Kotim Jalan Yos Sudarso, Kamis (14/3/2024). (HENY/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polisi Resor (Polres) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) meluncurkan kegiatan latihan ujian praktik surat izin mengemudi (SIM) yang disingkat menjadi “KELAKAI”.

Inovasi Kelakai ini memberikan kemudahan bagi pemohon yang sudah melakukan uji praktek SIM C (kendaraan roda dua) tetapi tidak lulus.

Bacaan Lainnya

“Pemohon yang tidak lulus ini biasanya mempertanyakan kenapa tidak lulus. Untuk menjawab itu, kami sediakan ruang evaluasi untuk memonitor dan merekam melalui dua titik CCTV yang dipasang di lapangan uji praktik agar pemohon yang bersangkutan dapat mengetahui apa yang membuatnya tidak lulus,” kata AKBP Sarpani, Kapolres Kotim, Kamis (14/3/2024).

Pemohon yang tidak lulus juga masih diberikan kesempatan untuk berlatih di lapangan yang telah disediakan di lapangan Satlantas Polres Kotim Jalan Yos Sudarso sesuai jam layanan pada Rabu dan Jumat mulai jam 15.00-17.00 WIB.

Baca Juga :  Halikinnor Sambut Kehadiran Cucu Pertama

“Awalnya inovasi Kelakai ini diperuntukkan untuk pemohon uji praktek SIM C yang gagal atau tidak lulus, tetapi bagi pemohon baru yang mau ngurus pembuatan SIM C tetapi belum yakin bisa melewati uji praktik, bisa melakukan latihan di lapangan ini sesuai dengan jadwal layanan yang ditentukan dan tidak mengganggu pemohon lain yang sedang melakukan uji praktik SIM. Anggota kami nanti akan melayani dan memberikan arahan bimbingan untuk pemohon melakukan latihan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Kotim juga meresmikan lapangan dengan standar baru sebagaimana Instruksi Kapolri yang sudah diberlakukan sejak Agustus 2023 lalu.

Standar materi baru uji praktik SIM C itu dilakukan untuk memberikan kemudahan dalam kelulusan uji praktik SIM C untuk kendaraan roda dua.

Pemohon tidak lagi diuji mengitari jalur lintasan angka delapan maupun zig-zag, layout track lapangan uji praktik SIM C juga telah berubah dengan mengubah jalur lintasan angka delapan dan zigzag membentuk huruf S yang lebar lintasannya juga diperbesar dari 1,5 kali lebar kendaraan, diubah menjadi 2,5 kali lebar kendaraan.



Pos terkait