Makin Sering Masuk Rumah, Teror Ular Kobra Hantui Warga Palangka Raya

Ular Kobra
DIEVAKUASI: Tim rescue Damkar Kota Palangka Raya saat melakukan penanganan seekor ular Kobra yang masuk ke rumah warga, Minggu (15/9) kemarin.

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Hadirnya Ular Kobra dan ular jenis lainnya ke dalam rumah warga, masih marak terjadi di Kota Palangka Raya. Kali ini, Minggu (15/9) ular berbisa itu kembali meneror warga di Jalan Bukit Palangka.

Dua ekor Ular Kobra tiba-tiba muncul di salah satu rumah warga, hingga membuat gempar dan warga memanggil petugas resque pemadam kebakaran (damkar) setempat untuk mengevakuasi.

Bacaan Lainnya

Kepala Seksi Pengendali Operasi Komunikasi Penyelamatan Diskarmat Palangka Raya Sucipto mengatakan, ada dua ular Kobra yang mereka tangani di lokasi itu, namun seekornya sempat kabur dan tak ditemukan.

Diakuinya, dalam proses evakuasi, sempat terjadi ketegangan, lantaran ular itu melawan dan menyulitkan petugas karena bersembunyi dibalik kulkas.

“Evakuasi Ular Kobra Kalimantan dengan panjang 3 meter besar 1 inci itu, awalnya jatuh dari plafon rumah warga. Saat jatuh itu ada dua ekor, satunya lebih besar dan langsung keluar rumah menghilang. Sedangkan seetor lainnya bersembunyi di bawah kulkas dalam rumah,” ujarnya.

Baca Juga :  Upaya Bawaslu Kotim Antisipasi Kecurangan 

Sucipto melanjutkan, awalnya pemilik rumah sudah berusaha menghalau keluar, namun binatang melata berbahaya itu tetap saja berdiam di bawah kulkas, dengan sesekali mengeluarkan suara mendesis dan menyemburkan bisanya.

“Perlu setengah jam kami melakukan evakuasi, selanjutnya ular dimasukkan dalam karung dan langsung dilepas liarkan ke alam bebas yang jauh dari pemukiman masyarakat,” tegasnya.

Sucipto pun mengimbau kepada masyarakat umum untuk penanganan ular berbisa ketika masuk rumah. Menurutnya ular umumnya tidak agresif, kecuali merasa terancam. Selain itu, sikap panik dapat memperburuk situasi, baik bagi manusia maupun ular.

Dirinya pun menganjurkan usahakan untuk menjaga jarak aman dari ular. Jangan mencoba untuk menangkap atau mendekati ular tersebut, terutama jika tidak memiliki pengalaman.

Kemudian, jika menemukan ular di rumah atau area yang tidak seharusnya, segeralah menghubungi pihak Damkar atau layanan penanganan satwa liar yang terlatih untuk menangani situasi tersebut. Gunakan alat yang aman seperti tongkat atau sapu untuk menjaga jarak dengan ular jika perlu, tetapi jangan menggunakannya untuk menyerang atau menangkap ular.



Pos terkait