Maraknya Politik Kekerabatan Berebut Kursi Dewan

dprd kotim
Ilustrasi. (Hadianur/Radar Sampit)

”Setidaknya basis pendukung kami bisa memberikan hak suara sesuai aspirasi mereka dan ini politik yang sah-sah saja.”

Parimus (Caleg PDIP Kotim)

Bacaan Lainnya

SAMPIT, radarsampit.com – Pemilihan legislatif 2024 di Kabupaten Kotawaringin Timur diwarnai politik kekerabatan. Kuatnya pengaruh dalam partai, membuat sejumlah politikus ramai-ramai menurunkan calon anggota legislatif untuk bertarung dalam pesta demokrasi tahun depan di berbagai tingkatan.

Partai Gerindra, misalnya, pasangan suami-istri hingga anak, mencalonkan diri menjadi wakil rakyat. Politikus berlatar pengusaha, Suprianti Rambat, mencalonkan diri di DPR RI. Sang suami, Rambat, kembali maju di daerah pemilihan Baamang, sementara putranya, Wengga Febri, berlaga di tingkat DPRD Kalteng.

Hal serupa juga terjadi di Partai Nasdem. Istri Ketua DPD Nasdem Kotim Ansen Tue tahun depan membuka jalan bagi istrinya, Rinie Setiawati bertarung di dapil Baamang-Seranau. Rinie merupakan salah satu publik figur di wilayah itu yang rajin turun ke tengah masyarakat. Putra sulungnya mencalonkan diri di dapil MB Ketapang.

Baca Juga :  Polres Pulang Pisau Sikat Tiga Pembalak Liar

Rinie Setiawati belakangan ini paling masif bersosialisasi. Balihonya bertebaran di sejumlah titik Kota Sampit. ”Saya mencalonkan juga tahun 2024 melalui Partai Nasdem. Saat ini mulai bersosialisasi dengan teman-teman warga khususnya,” kata Rinie.

Praktik yang sama juga terjadi di PDI Perjuangan. Paisal Darmasing bersama adik kandungnya mencalonkan diri. Keduanya gencar sosialisasi hingga pelosok. Paisal maju bertarung memperebutkan kursi DPRD Kalteng, sementara sang adik mengincar kursi DPRD Kotim dari dapil IV.

Politikus kawakan, Parimus, yang baru bergabung dengan PDIP, maju bersama putri sulungnya Yeni Maria Marselina yang dicalonkan ke DPRD Kalteng. ”Setidaknya basis pendukung kami bisa memberikan hak suara sesuai aspirasi mereka dan ini politik yang sah-sah saja, karena orotitas memilih ada di tangan masyarakat,” ujar Parimus.

Di Partai Demokrat, Ketua DPC Partai Demokrat Jhon Krisli mendorong istri dan putrinya maju mencalonkan diri. Jhon mencalon di dapil IV, sementara putrinya Febri Anggraeni  di dapil Baamang-Seranau. Sang istri, Marni, mencalonkan di dapil MB Ketapang.



Pos terkait