Masuk Dapur Belakang, Ular Sawo Kopi Bikin Panik Warga

ular masuk rumah
Ular jenis Sawo Kopi berhasil direscue oleh animal rescue Damkar Kobar dari rumah warga desa Purbasari, Pangkalan Lada, Senin (5/8/2024) pukul 19.30 WIB. (ISTIMEWA/RADAR PANGKALAN BUN)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Seekor ular jenis sawo kopi membuat panik warga di Jalan Kartini, RT 019, Des Purbasari, Kecamatan Pangkalan Lada, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Ular ini sejatinya tidak berbisa dan tidak berbahaya. Namun, evakuasi satwa ini tetap mendatangkan animal rescue dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Kobar.

Bacaan Lainnya

Plt Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Kobar Agus Dwi Suhartono menyampaikan, ular sawo kopi  awalnya diketahui oleh Syamsiar. Ular masuk ke dalam rumahnya melalui dapur.

“Pemilik rumah takut ada ular yang masuk ke rumahnya, ia juga tidak mengetahui jenis ular tersebut sehingga meminta tolong kita untuk mengevakuasi ular tersebut dari rumahnya,” ujarnya, Selasa (6/8/2024).

Meski terbilang cukup jauh jarak antara Mako Damkar menuju Desa Purbasari, namun panggilan untuk melayani masyarakat tetap dijalankan. Satu unit mobil patroli triton milik Damkar kobar lengkap dengan stick grab dan hook melaju menuju lokasi.

Baca Juga :  Gerindra Kotim Ajukan Caleg Berstatus Tersangka

Tidak butuh waktu lama, ular Sawo Kopi sepanjang 1,5 meter langsung ditangkap dengan terlebih dahulu dijepit dengan stick grab dan kemudian ditangkap kepalanya.

“Tidak butuh waktu lama untuk rescue ular tersebut, dan langsung dimasukan dalam karung dan kita bawa ke Mako Damkar untuk kemudian nanti kita rilis di tempat yang jauh dari permukiman,” bebernya.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk melaporkan ke Mako Damkar bila menjumpai hewan melata atau hewan liar yang berada dilingkungan atau di dalam rumah, dan jangan melakukan penanganan mandiri bila tidak berpengalaman. (tyo/yit)

 

 

 

 



Pos terkait