Memastikan Keterlibatan Masyarakat Adat dalam Membangun Budaya di IKN 

Bangun Mental Masyarakat, Budaya Lokal Jadi Penopang

budaya dayak
BUDAYA: Penampilan Seni Tutur asal Kalimantan Tengah pada Puncak Festival Harmoni Budaya Nusantara (FHBN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (7/9/2024). (ANTARA/LINTANG BUDIYANTI PRAMESWARI)

Kelima, adalah tertib, yakni tertib dalam perilaku dan menghargai orang lain. Maka, lima gerakan inilah yang harus selalu tumbuh untuk memudahkan kemajuan peradaban Indonesia, sehingga benar-benar membangun karakter nyata dari sebuah bangsa.

Sementara Direktur Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Muhsin Palinrungi menyatakan bahwa pihaknya kini tengah merancang IKN sebagai museum hidup Nusantara, yang akan menjadi keunggulan wilayah tersebut.

Bacaan Lainnya

Museum hidup Nusantara akan menampilkan budaya-budaya lokal, seperti Paser dan Balik yang memang menjadi dua suku utama yang selama ini telah menghidupi ibu kota baru.

Berbagai aktivitas budaya akan dilakukan di sana, sehingga akan memacu wilayah-wilayah penyangga IKN untuk menjadi tujuan pariwisata baru.

OIKN mengembangkan sekaligus mempertahankan budaya lokal. Potensi kerajinan-kerajinan lokal di kumpulkan dalam satu tempat, kemudian ada atraksi budaya lokal yang menopang.

Sementara itu, Wakil Ketua Lembaga Adat Paser Kabupaten Penajam Paser Utara Bahrani menyatakan rasa bangga karena masyarakat adat terus dilibatkan, utamanya dalam Festival Harmoni Budaya Nusantara, yang sudah diselenggarakan dua tahun berturut-turut.

Baca Juga :  Kedatangan Presiden Diharapkan Jadi Berkah untuk Kotim

Masyarakat adat menyatakan terima kasih kepada pemerintah, utamanya Pemerintah kabupaten Penajam Paser Utara yang selama ini bekerja maksimal dan membawa budaya daerah itu hingga ke tingkat nasional.

Selaku perwakilan dari masyarakat adat, ia menyatakan komitmen untuk terus mempromosikan dan mengenalkan Budaya Paser serta Kalimantan Timur lainnya hingga ke tingkat nasional, mengingat Penajam Paser Utara kini tengah menjadi penyangga utama IKN menuju peradaban Indonesia yang lebih maju.

Pendidikan Vokasi

Upaya untuk merangkul dan melibatkan masyarakat adat dalam pembangunan kebudayaan di Kabupaten Penajam Paser Utara terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Makmur Marbun, melalui berbagai cara, salah satunya mengoptimalkan pendidikan vokasi.

Penajam Paser Utara sebagai Bumi Benua Taka atau Serambi Nusantara yang akan menjadi titik pertemuan dari berbagai budaya yang ada di Indonesia, sehingga peningkatan kualitas sumber daya manusia menjadi aspek penting yang perlu dibangun secara berkelanjutan.



Pos terkait