Memburu Rupiah dari Fosil Hiu Purba

Gigi Megalodon Sepanjang 17 Sentimeter Pernah Dihargai Rp40 Juta

butuh kesabaran bekas galian dibawa dengan troli untuk dicek apakah ada fosil gigi megalodon
PERLU KESABARAN: Bekas galian dibawa dengan troli untuk dicek apakah ada fosil gigi megalodon. (IMAM HUSEIN/JAWA POS)

Mereka tak mendapat upah harian, hanya dibayar sebungkus rokok dan kopi sehari oleh bos. Uang baru dikantongi ketika menemukan fosil megalodon.

Misal satu fosil dihargai Rp 3 juta, hasilnya dibagi empat orang. Sesuai jumlah orang yang masuk grup penggalian.

Biasanya satu grup terdiri atas empat hingga tujuh penggali. Mereka bekerja setiap hari dari pagi hingga menjelang petang. Para penggali tak punya perhitungan khusus dalam menentukan titik pencarian, hanya mengandalkan insting. Lalu, melakukan penggalian sampai menemukan urat batu.

Urat batu merupakan istilah bagi para penggali fosil untuk menentukan titik penggalian bisa dilanjut atau ditinggal. Urat batu adalah lapisan tanah di kedalaman tertentu yang membentuk garis-garis vertikal.

Selain urat batu, petunjuk lain harus terpenuhi: fosil-fosil kerang yang menempel di bebatuan. ”Kalau sudah menemukan kerang, penggalian bukan diperdalam, tapi diperluas,” ucap lelaki 50 tahun itu.

Tak mudahnya mencari fosil megalodon inilah yang membuat bos dan pembeli tak membentuk banyak grup penggalian. Sebab, ongkos harian yang mereka keluarkan tak sedikit untuk operasional. Untuk rokok, kopi, sewa genset, dan 6 liter solar.

Baca Juga :  Warga Jadi Korban Keteledoran Kisruh Tenaga Kontrak, Sebut Bupati Kotim Seolah Dijebak

Belum lagi, harus berbagi hasil kepada pemilik tanah tempat lokasi penggalian dikeduk. ”Saya sudah lima bulanan ini tak lagi membentuk grup penggalian,” ucap Obot.

Pukul 11.38 WIB, Warang bersama tiga rekannya meminta izin meneruskan pekerjaan. Genset diputar, dua lampu yang dipasang di sepanjang lubang sedalam 3 meter itu menyala.

Dari dalam lubang galian, martil mesin berdesing memecah bebatuan. Berharap bertemu nasib baik: gigi megalodon yang tersangkut di bongkahan batu.  (*/c19/ttg/jpg)



Pos terkait