MenPANRB: Seleksi CASN 2024 Masih Dimungkinkan Lebih dari Sekali

CPNS Kobar
TES CASN: Tes CASN melalui sistem computer assited test beberapa waktu lalu (DOK.RADAR SAMPIT)

JAKARTA, radarsampit.com – Meski sudah dua kali diundur, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Abdullah Azwar Anas masih membuka peluang seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) bisa digelar tiga kali tahun ini. Namun, dengan sistem yang sedikit berbeda.

Hal ini disampaikan Anas saat ditemui usai rapat Dewan Pengarah Satu Data Indonesia (SDI) di kantornya, Selasa (30/7/2024). Menurutnya, meski pembukaan seleksi tahap 1 baru akan digelar di semester kedua 2024, kemungkinan untuk seleksi tahap 2 maupun 3 masih sangat terbuka. ”Sangat mungkin,” tegasnya.

Bacaan Lainnya

Anas mengungkapkan, pihaknya kini sedang mengkaji sistem seleksi CASN seperti tes toefl. Sebagai gambarannya, tes akan dilakukan di awal kemudian nilai yang diperoleh dapat digunakan untuk satu tahun ke depan alias untuk “seleksi” tahap 2 dan 3. Saat ini, penentuan standar seleksi nilai ini tengah digodok.

Baca Juga :  Pendaftar PPPK Seruyan 781 Orang 

”Jadi nanti dicek, masih ada lowongan lagi nggak, nanti tinggal diambil (dari peserta yang nilainya memenuhi standar, red). Sehingga tidak harus berulang (tesnya, red), tapi siklusnya,” paparnya. Dengan sistem ini pula, akhirnya bisa memungkinkan calon peserta ditempatkan di mana saja sesuai dengan kebutuhan formasi yang ada.

Dalam kesempatan ini, Anas turut menyinggung soal jadwal seleksi CASN yang rencananya dibuka minggu pertama Agustus. Dia mengungkapkan, jika di awal nanti yang jadi prioritas adalah tes CPNS.

Sementara, seleksi untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) masih harus menunggu. Alasannya, persiapan seleksi PPPK masih harus dirapikan terlebih dahulu lantaran menyangkut keuangan pemerintah daerah.

”Ada daerah yang sudah kita siapkan formasinya tapi ternyata gak diambil. Kenapa? (penggunaan, red) Keuangannya sudah lebih dari 35 persen. Jadi ada banyak variabel terkait dengan penyelesaian PPPK ini,” papar mantan kepala LKPP tersebut.

Meski begitu, Anas optimis jika penyelenggaraan seleksi PPPK bisa dilaksanakan Agustus. Meski tak berbarengan dengan seleksi CPNS.



Pos terkait