Meriah! 45 Stan UMKM Kuliner Ramaikan Festival Tepian Mentaya Sampit

Festival Tepian mentaya
DIBUKA: Pembukaan Festival Tepian Mentaya  di Kawasan Ikon Jelawat ramai dikunjungi,Sabtu (5/10) sore.

SAMPIT, radarsampit.com – Festival Tepian Mentaya resmi dibuka mulai Sabtu (5/10) sore. Ada 45 stand kuliner pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kabupaten Kotawaringin Timur yang ikut berpartisipasi meramaikan dan memenuhi selasar kawasan Ikon Jelawat.

“Festival Tepian Mentaya menjadi salah satu wujud tanggung jawab kami dalam ikut serta melestarikan, membina, sekaligus mengembangkan kekayaan budaya dan kuliner nusantara,” kata Rihel, Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kotim, Sabtu (5/10).

Bacaan Lainnya

Meskipun pembukaan Festival Tepian Mentaya diguyur hujan, masyarakat tetap ramai berdatangan memenuhi meja kursi untuk mengincar kudapan kuliner sore di atas awan mendung.

Hujan yang berubah rintik gerimis tak membuat pengunjung beranjak pergi, karena terlalu menikmati hidangan makanan minuman cemilan yang memanjakan lidah pengunjung.

“Festival ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi seniman, budayawan, serta pelaku umkm untuk berkreasi, berinovasi, dan memperkenalkan potensi lokal kita ke tingkat yang lebih luas,” kata Rihel.

Baca Juga :  18.273 Warga Kotim Terima Beras Masing-masing 10 Kg

Melalui festival ini, juga memberikan kesempatan bagi pelaku UMKM untuk menampilkan produk-produk unggulan.

“Pelaku UMKM menjadi tulang punggung perekonomian daerah, dan dukungan kita kepada mereka sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta daya saing ekonomi di Kotim,” katanya.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama dukungan Dinas UKM Perdagangan dan Perindustrian Kotim dan Disbudpar Kotim.

“Saya berharap kegiatan ini dapat memperkuat semangat kebersamaan dan kolaborasi antar berbagai pihak, termasuk dinas-dinas terkait yang berperan aktif dalam menyukseskan acara ini. Mari kita bersama-sama menjaga dan melestarikan kekayaan seni dan budaya yang kita miliki, karena di dalamnya terkandung identitas dan jati diri kita sebagai masyarakat yang berbudaya,” ujarnya.

Ketua Panitia Festival Tepian Mentaya dari Galena Enterprise Zul Efendi mengatakan, kegiatan ini akan digelar 5-12 Oktober 2024 dengan melibatkan 65 pelaku UMKM dan menyediakan  45 stan serta dimeriahkan dengan hiburan musik dari band lokal dan band luar Kota Sampit.



Pos terkait