Meriahnya Karnaval Budaya Hari Jadi Pulang Pisau dan HUT ke-79 RI

pawai pulpis
MERIAH: Pawai karnaval budaya menyedot perhatian ribuan masyarakat Pulang Pisau. (Istimewa)

PULANG PISAU, radarsampit.com – Pawai karnaval budaya, rangkaian memeriahkan hari jadi ke-22 Kabupaten Pulang Pisau sekaligus HUT ke-79 RI 2024, berlangsung meriah kendati berlangsung di tengah cuaca terik.

Pawai dimulai di lingkungan Taman Sumbu Kurung. Dilanjutkan mengelilingi sejumlah ruas jalan perkotaan Pulang Pisau, Kamis (15/8).

Bacaan Lainnya

Kegiatan tersebut dibuka Pj Bupati Pulang Pisau Nunu Andriani, disaksikan ribuan warga Pulang Pisau sejak pukul 11.00 WIB hingga selesai. Warga berkerumun memadati sejumlah ruas jalan di sekitar pusat kota.

”Adanya kegiatan ini kami harapkan, agar tetap menjaga dan melestarikan seni dan budaya yang ada di Kalteng secara umum dan Pulang Pisau khususnya. Hal ini terlihat dengan keikutsertaan dari pihak sekolah, OPD, camat, pihak BUMN/BUMD, KPU Pulpis, ormas adat, dan paguyuban,” kata Nunu.

Baca Juga :  Empat Pengedar Sabu Diciduk, Oknum Asn Pulang Pisau Ikut Terseret

Dia menuturkan, tujuan dilaksanakan Karnaval Budaya tidak lain sebagai sarana promosi bagi daerah untuk mengembangkan potensi seni, budaya, dan pariwisata di Pulang Pisau.

”Dan juga sebagai wadah bagi para pelaku seni untuk mengembangkan kreativitas dalam bidang seni dan budaya,” kata Nunu.

Selain itu, tambahnya, kegiatan itu juga upaya Pemkab Pulang Pisau melestarikan nilai seni, budaya, dan menjunjung tinggi budaya Handep Hapakat serta kebersamaan masyarakat dalam Huma Betang.

”Juga memberikan nilai tambah bagi pengembangan seni, budaya guna memperkaya kearifan budaya lokal maupun nasional hingga selalu bersemangat. Kegiatan ini juga menjadi nilai plus bagi pelaku UMKM, sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujarnya. (rm-106/ign)

 



Pos terkait