MotoGP Inggris: Bastianini Raih Kemenangan, Martin Ambil Alih Pimpinan Klasemen dari Bagnaia

enea bastianini
Enea Bastianini (motogp.com)

Radarsampit.com – Enea Bastianini berhasil meraih kemenangan keduanya di MotoGP sebagai pembalap tim pabrikan Ducati di Grand Prix Inggris.

Sementara itu Jorge Martin finish di posisi kedua, namun hal itu sudah cukup untuk merebut posisi puncak perolehan poin dari Francesco Bagnaia.

Bacaan Lainnya

Bastianini, yang sudah menunjukkan kecepatannya dengan memenangkan sprint race pada hari Sabtu, memanfaatkan kesalahan Martin hanya dua lap tersisa untuk meraih kemenangan kelimanya di MotoGP.

Kemenangan itu menempatkan dirinya sebagai pesaing potensial untuk perebutan juara dunia.

Meski membuat kesalahan di menit-menit terakhir, Martin berhasil menyelesaikan balapan di depan rival utamanya, Bagnaia.

Posisi dua itu sudah cukup untuk merebut kembali sebagai pimpinan klasemen sementara yang sempat hilang akibat kecelakaan di Grand Prix Jerman sebelum jeda musim panas.

Di awal balapan, Aleix Espargaro dari Aprilia mengalami start buruk setelah memilih ban depan keras, berbeda dengan sebagian besar pembalap lainnya yang memilih ban medium.

Baca Juga :  Sprint Race Bakalan Seru! Jorge Martin Pole Position MotoGP Austria, Ditempel Ketat Pecco Bagnaia di Posisi Kedua

Sementara itu, Bagnaia, Bastianini, dan Martin melesat cepat, menempatkan Ducati di posisi 1-2-3 di depan.

Pada putaran kedua, Bastianini melebar di tikungan Brooklands, memberi kesempatan kepada Martin untuk naik ke posisi kedua.

Tidak lama kemudian, Bastianini juga tertinggal di belakang Espargaro.

Para pembalap terdepan menghabiskan fase berikutnya dari balapan 20 putaran ini dengan menjaga keausan ban.

Hingga akhirnya Martin meningkatkan kecepatan pada putaran ke-10, memulai kembali persaingan.

Setelah beberapa putaran di belakang Bagnaia, pembalap Pramac itu akhirnya menyalip Bagnaia di tikungan Village pada putaran ke-13, merebut keunggulan dalam perebutan gelar.

Bagnaia mampu mengimbangi Martin selama dua lap berikutnya, namun kemudian melebar di tikungan Vale.

Kesempatan ini dimanfaatkan oleh Bastianini, yang sebelumnya telah menyalip Espargaro untuk menggeser Bagnaia ke posisi ketiga.

Pada titik ini, Bastianini menghadapi defisit enam persepuluh detik dari Martin di depan.



Pos terkait