MotoGP Inggris: Bastianini Raih Kemenangan, Martin Ambil Alih Pimpinan Klasemen dari Bagnaia

enea bastianini
Enea Bastianini (motogp.com)

Namun ia dengan cepat memotong kesenjangan tersebut saat balapan mendekati akhir.

Pada putaran ke-19, Martin membuat kesalahan di tikungan Village yang sama, dan Bastianini tidak membuang waktu untuk mengambil alih pimpinan.

Bacaan Lainnya

Pembalap berusia 23 tahun itu kemudian melaju ke garis finish, meraih kemenangan pertamanya musim ini dengan selisih 1,931 detik dari Martin.

Bagnaia, meski tidak secepat rekan-rekannya di Ducati, berhasil mengambil posisi ketiga, membatasi pelebaran kesenjangan poin dari Martin yang kini memimpin kejuaraan dengan selisih tiga poin.

Sementara itu Espargaro terus mengalami penurunan performa pada paruh kedua balapan dengan ban depan keras dan merosot ke posisi ke tujuh.

Saat itu Marc Marquez dari Gresini dan Fabio Di Giannantonio dari VR46 melewatinya dalam lima lap terakhir.

Di Giannantonio sebelumnya menang dalam duel panjang dengan Alex Marquez dari Gresini di tengah balapan.

Rekan setim Di Giannantonio, Marco Bezzecchi, menempati posisi ke delapan di belakang Espargaro setelah melewati pembalap Tech3 GasGas, Pedro Acosta, di akhir pertandingan.

Baca Juga :  Siasati Membeludaknya Jemaat, Gereja Bakal Penuh saat Perayaan Natal

Pembalap pabrikan KTM, Jack Miller, awalnya akan mampu bertahan di 10 besar sebelum turun ke posisi ke-12 di putaran terakhir di belakang Pramac Ducati milik Franco Morbidelli dan pembalap Yamaha Fabio Quartararo.

Pembalap Aprilia lainnya, Maverick Vinales finish di posisi ke-13, Johan Zarco dari LCR dan pembalap pabrikan HRC Luca Marini berhasil mengantongi poin ganda untuk Honda di posisi ke-14 dan ke-15.

Rekan setim Marini, Joan Mir, tersingkir pada putaran ke-13, bergabung dengan Brad Binder (KTM) dan duo Trackhouse, Raul Fernandez dan Miguel Oliveira, dalam daftar pembalap yang gagal finis.

Binder mengalami masalah teknis di awal balapan, sementara para pembalap Trackhouse terlibat dalam insiden di putaran pembukaan yang membuat mereka tersingkir dari balapan. (*)

Hasil MotoGP Inggris 2024:

  1. Enea Bastianini – 39 menit 51,879 detik
  2. Jorge Martin
  3. Francesco Bagnaia
  4. Marc Marquez
  5. Fabio Di Giannantonio
  6. Aleix Espargaro
  7. Alex Marquez
  8. Marco Bezzecchi
  9. Pedro Acosta
  10. Franco Morbidelli
  11. Fabio Quartararo
  12. Jack Miller
  13. Maverick Vinales
  14. Johann Zarco
  15. Luca Marini
  16. Takaaki Nakagami

 



Pos terkait