Muncul Petisi Desak Menkominfo Mundur, Imbas Terulangnya Kasus Kebocoran Data Instansi Publik

ilustrasi pemerasan
Ilustrasi (net)

JAKARTA, radarsampit.com – Desakan agar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mundur dari jabatannya terus menguat. Petisi datang dari berbagai kalangan.

Ketua Cyberity Arif Kurniawan mengatakan, desakan itu sangat logis seiring menguatnya indikasi kelalaian pemerintah dalam melindungi data warga negara. ”Menkominfo juga harus meminta maaf atas terjadinya krisis keamanan data ini,” tegasnya kepada Jawa Pos, Sabtu (29/6/2024).

Bacaan Lainnya

Arif menjelaskan, pihaknya juga melihat adanya indikasi tumpang-tindih kewenangan dalam penyelenggaraan Pusat Data Nasional (PDN). Hal itu sangat tampak ketika pihak-pihak terkait justru saling melempar tanggung jawab ketika ditanya mengenai hal-hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan PDN.

”Ada indikasi birokrasi yang berantakan dalam pembangunan PDN,” ujarnya.

Cyberity juga menyoroti nihilnya petunjuk teknis bagi pengguna layanan PDN yang kena dampak dari serangan ransomware LockBit. Bahkan, penyelenggara PDN belum sepenuhnya menyiapkan skenario back-up data.

Baca Juga :  Pemprov Kalteng Perkuat Koordinasi dengan Daerah Kendalikan Inflasi

”Yang terjadi sebaliknya, Menkominfo justru menyebut keamanan data tanggung jawab bersama antara penyelenggara dan pengguna layanan,” ucapnya.

Komunitas Cyberity telah mengecek beberapa hal terkait serangan ransomware LockBit dan pembangunan PDN. Ada beberapa temuan terkait hal tersebut. Mengenai PDN, Arif mengungkapkan, pembangunan infrastruktur digital itu melibatkan pinjaman asing. ”Dan ada upaya untuk mengutamakan vendor negara pendana,” kata Arif.

Cyberity juga melakukan pengecekan terkait indikasi kebocoran data PDN di sejumlah forum kebocoran data. Hasilnya, ada beberapa data yang pelan-pelan mulai bocor. Mulai data sensitif pertahanan dan keamanan, biometri warga, data personel tentara aktif maupun tidak yang tergabung dalam Badan Intelijen Strategis (Bais), hingga data BPJS.

Selain meminta Menkominfo mundur, Arif mendesak pemerintah segera mengambil langkah cepat pemulihan. Cyberity juga mendesak adanya pengusutan skandal perusahaan LockBit dan dugaan keterlibatan afiliasinya di Indonesia.



Pos terkait