Musim Libur Sekolah, Pemkab Kotim Gratiskan Biaya Khitan di Puskesmas

Khitan Massal
SUNATAN MASSAL: Bupati Kotim Halikinnor memberikan semangat kepada anak-anak yang sedang mengikuti kegiatan sunatan massal, Sabtu (29/6/2024). (YUNI/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Di musim libur sekolah, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin  Timur (Kotim) menggelar sunatan massal di 17 kecamatan.

Masyarakat antusias menyambut kegiatan itu. Anak-anak yang belum sempat mengikuti kegiatan sunatan massal tak perlu kecewa, karena Bupati Kotim Halikinnor memberikan kesempatan untuk melakukan khitan di fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) secara gratis.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut disampaikannya saat meninjau pelaksanaan khitanan massal yang digelar serentak di tiga kecamatan, Sabtu (29/6/2024).

Halikinnor didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kotim Umar Kaderi melakukan peninjauan di Kecamatan Pulau Hanaut, Mentaya Hilir Selatan, Teluk Sampit dan Mentaya Hilir Utara.

Khitanan massal di Teluk Sampit digabung dengan Kecamatan Mentaya Hilir Selatan.

Bupati Kotim Halikinnor memberikan kesempatan kepada anak-anak yang belum sempat mendaftarkan diri pada khitanan massal tersebut, bisa sunat gratis di fasilitas kesehatan seperti di puskesmas ataupun rumah sakit pratama.

Baca Juga :  NSS Group, PT NSP dan BSP Gelar Sunatan Massal

“Saya minta kepala dinas kesehatan untuk memerintahkan puskesmas atau rumah sakit pratama melayani khitan gratis. Kalau ada tagihan itu tanggung jawab bupati,” kata Halikinnor.

Menurutnya, di momen libur sekolah seperti saat ini, bisa jadi banyak anak-anak yang berlibur bersama keluarga keluar daerah, sehingga tidak sempat untuk mengikuti sunatan massal. Karena itu, mereka tetap diberikan kesempatan untuk mendapatkan layanan sunatan gratis di puskesmas atau rumah sakit pratama.

“Siapa tahu hari ini mereka tidak bisa datang atau sedang keluar kota, karena ini kan libur panjang, mungkin keluar daerah enggak sempat mengkhitankan anaknya, bisa saja di bawa ke puskesmas di khitan di sana,” tuturnya.

Selain melalui pendaftaran online, peserta yang mendaftar secara offline saat kegiatan berlangsung juga cukup banyak. Di Kecamatan Pulau Hanaut, jumlah anak yang dikhitan saat kunjungan Bupati Kotim sebanyak 63 peserta.

Di Kecamatan Mentaya Hilir Utara sekitar 42 peserta. Dua kecamatan yang digabung yakni  Kecamatan MHS dan Teluk Sampit mencapai 215 peserta.



Pos terkait