Musim Libur Sekolah, Pemkab Kotim Gratiskan Biaya Khitan di Puskesmas

Khitan Massal
SUNATAN MASSAL: Bupati Kotim Halikinnor memberikan semangat kepada anak-anak yang sedang mengikuti kegiatan sunatan massal, Sabtu (29/6/2024). (YUNI/RADAR SAMPIT)

“Antusias anak-anak  yang mengikuti kegiatan ini cukup tinggi, terlihat dari yang mendaftar secara online di Kecamatan Mentaya Hilir Selatan awalnya ada 100 peserta bertambah menjadi 200 peserta lebih,” ujarnya.

Para pelajar memanfaatkan momen libur sekolah untuk khitan. Apalagi di dalam ajaran Islam, proses berkhitan sangatlah penting karena selain baik dari segi kesehatan juga untuk kebersihan diri.

Bacaan Lainnya

Peserta yang mengikuti khitanan massal tersebut tidak hanya diikuti oleh pelajar yang beragama muslim namun juga ada yang berasal dari nonmuslim.

“Artinya mereka juga melihat dari sisi kesehatan dan juga kebersihan, kita tampung semua yang hendak mengikuti program ini,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kotim Umar Kaderi mengatakan pada kegiatan sunatan massal yang digelar di tiga lokasi pihaknya menurunkan puluhan orang tim medis dan dokter, serta apoteker dan lainnya.

Baca Juga :  Ketika Serikat Pekerja Perkebunan PT SKD Gelar Khitanan Massal

“Di Kecamatan MHS karena digabung dengan Kecamatan Teluk Sampit, tenaga kesehatan yang kita terjunkan cukup banyak ada 30 orang, 2 orang dokter, apoteker dan lainnya,” katanya.

Di Kecamatan Pulau Hanaut sebanyak 20 orang perawat dan satu orang dokter. Kemudian di Kecamatan Mentaya Hilir Utara diterjunkan 12 orang perawat dan satu orang dokter.

“Hari Senin nanti kegiatan serupa akan kita lanjutkan lagi di Kecamatan Kotabesi, Cempaga, Cempaga Hulu dan Parenggean, itu serentak,” tuturnya. (yn/yit) 

 



Pos terkait