ODGJ Berkeliaran Bikin Resah Warga Kuala Kapuas

odgj kuala kapuas
MERESAHKAN: Salah satu potongan rekaman video yang menunjukkan ODGJ di Kapuas saat memasuki sebuah warung milik warga.

KUALA KAPUAS, radarsampit.com – Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) belakangan kerap terlihat berkeliaran di wilayah Kota Kuala Kapuas dan sekitarnya, hingga membuat warga setempat merasa resah.

Baru-baru tadi, warga di Jalan Pemuda Kuala Kapuas melaporkan adanya ODGJ yang duduk di teras rumahnya, Sabtu (31/8/2024). Diketahui penghuni di rumah  itu semuanya perempuan, hingga mereka merasa ketakutan dan tak berani keluar rumah.

Bacaan Lainnya

“Sempat kami diminta bantuan tentang bagaimana penanganannya, karena di sana tidak ada laki-lakinya. Akhirnya dikoordinasikanlah dengan pihak terkait. Beruntung ODGJ nya sudah menjauh duluan” ucap Zaini, salah satu relawan di Kapuas.

Satu hari sebelumnya keresahan adanya ODGJ, juga terjadi di ruas Jalan Cilik Riwut Kuala Kapuas. Seorang warga resah lantaran warung dagangannya sering didatangi seorang ODGJ dan meminta barang dagangan tanpa membayar.

Sementara itu, ada video rekaman warga, terlihat ODGJ yang menusukkan paku ke kakinya sendiri. Warga selain takut dan kesal juga merasa kasihan,  jika orang ini tidak ditangani.

Baca Juga :  Dandrem 102/pjg Kunjungi Food Estate di Kapuas

“Harapan kami ini , Dinas Sosial Kapuas bisa merespon dan turun ke lapangan untuk menangani Jangan sampai ada kejadian yang tidak diinginkan baru bertindak. Mesti pedulilah sebagai yang punya kebijakan, apakah diam saja atau sama sekali tidak tahu apa yang membuat warganya ketakutan. Kalau seperti ini sudah sering berkeliaran, dinas sosial fungsinya apa?,” ungkap Winda, seorang warga Kapuas. (rm-107/gus)



Pos terkait