Parah! Ada Dugaan Lahan di Palangka Raya Sengaja Dibakar

Pemerintah, Polri dan TNI Siaga Karhutla

bakar
KARHUTLA: Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Palangka Raya bersama tim gabungan saat melakukan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). (ISTIMEWA/RADAR PALANGKA)

“Semua tentunya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mencegah terjadinya Karhutla di wilayah Palangka Raya, oleh karena itu kami pun berharap agar seluruh masyarakat dapat ikut mendukung dan membantu,” harapnya.

Ia menekankan, Polresta Palangka Raya beserta Polsek jajaran siap bergerak untuk melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan karhutla, mulai dari langkah preemtif, preventif hingga represif atau penegakkan hukum bagi pelaku Karhutla.

Bacaan Lainnya

”Kami tegas terhadap pelaku Karhutla. Untuk langkah preemtif dilakukan dengan menyampaikan imbauan kepada masyarakat tentang larangan melakukan hal-hal yang dapat mengakibatkan terjadinya karhutla, sedangkan preventif dengan melakukan patroli di kawasan hutan dan lahan,” pungkasnya.

Kemudian, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Palangka Raya, Heri Fauzi menyampaikan, dua pekan ini ada peningkatan Karhutla di sejumlah wilayah di Palangka Raya.

Heri menyebutkan, dari sejumlah lokasi terjadinya Karhutla memang merupakan lahan sama yang terbakar di tahun lalu, sehingga diduga ada faktor kesengajaan dari oknum masyarakat.

Baca Juga :  Polisi Selidiki Kebakaran Dua Hektare Lahan di Pelantaran

”Diduga ada kesengajaan, maka itu masyarakat diminta untuk jaga lingkungan. Lahan terbakar banyak gambut. Ada 30 kejadian dan luasan lahan terbakar lebih dari 10 hektare,” sebutnya.

Langkah pencegahan juga dilakukan Babinsa Koramil 1016-01/Pahandut Peltu Didik. Dengan melaksanakan kegiatan patroli bersama Bhabinkamtibmas dan anggota Tim Serbu Api Kelurahan (TSAK) di wilayah Kelurahan Sabaru, Kecamatan Sabangau.

Didik menekankan, langkah nyata turun ke lapangan ini bertujuan untuk mencegah peristiwa-peristiwa Karhutla di daerah tersebut dengan melaksanakan patroli  di jalur lahan kosong milik warga dan semak belukar yang rawan terjadi Karhutla.

“Kami turun langsung ke lapangan mencegah Karhutla. Kami laksanakan tiap hari, tegas dikatakan adalah tidak membuka lahan dengan cara dibakar,” terangnya.

Pencegahan juga dilakukan Bhabinkamtibmas Polsek Bukit Batu, Aipda Mahardika. Dengan melakukan kegiatan patroli terpadu pencegahan karhutla bersama Babinsa dan Tim TSAK di wilayah Kelurahan Tumbang Tahai, Kecamatan Bukit Batu.



Pos terkait