Pasar Ramadan Sampit Dibuka Besok, Pengunjung Diminta Patuhi Prokes

Pasar Ramadan di Sampit bakal dibuka besok
PANTAU KESIAPAN: Wakil Bupati Kotim Irawati memantau kesiapan Pasar Ramadan di Kawasan Taman Kota Sampit, Jumat (1/4). (HENY/RADAR SAMPIT)

SAMPIT – Pasar Ramadan di Sampit bakal dibuka besok, Minggu (3/4). Wakil Bupati Kotim Irawati meminta pedagang agar menjaga kualitas makanan. Selain itu, pengunjung juga diminta mematuhi protokol kesehatan

Lokasi Pasar Ramadan ditempatkan di Jalan Letnan Jenderal Siswondo Parman. Tepatnya di kawasan Taman Kota Sampit, berhadapan dengan Pasar eks Mentaya Teater.

Bacaan Lainnya

Pemkab Kotim telah menyediakan tenda sebanyak 26 unit. Masing-masing berukuran 3×3 meter, lengkap dengan meja yang dapat menampung 46 pedagang. Dengan lokasi yang strategis dan berada di pinggir jalan, pedagang yang ingin berjualan di Pasar Ramadan diprediksi lebih banyak.

Persiapan pemasangan tenda yang dilaksanakan Senin (28/3) lalu. Bahkan, Disperdagin memaksimalkan tempat dengan menambah penyediaan tenda. Dari yang tadinya 20 tenda menjadi 31 tenda. Semua tenda didirikan lengkap dengan meja untuk tempat pajangan makanan dan minuman pedagang.

Baca Juga :  Pasar Baru Kuala Kurun masih Minim Pedagang, Belasan Kios dan Lapak Kosong

Wakil Bupati Kotim Irawati saat memantau persiapan pasar tersebut berpesan kepada pedagang agar menjaga kualitas makanan dan minuman yang dijual.

”Jangan menggunakan zat pewarna yang berbahaya. Jangan pakai pengawet dan tetap jaga kebersihan. Jangan sampai masyarakat ingin mencari menu buka puasa, tapi malah jadi penyakit,” ujarnya.

Irawati juga menekankan kepada pedagang dan pengunjung Pasar Ramadan agar tetap mematuhi protokol kesehatan. ”Memang kita memasuki masa endemi. Tapi, pedagang dan pembeli tetap patuhi prokes, wajib pakai masker agar dapat menghindari Covid-19 dan menekan angka penyebaran Covid-19,” katanya.

Penempatan lokasi Pasar Ramadan yang berada tepat di pinggir jalan diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kotim. Khususnya pedagang serta dapat memudahkan pengunjung yang ingin berbelanja.

”Sesuai keinginan masyarakat yang meminta (Pasar Ramadan) di tempat di luar, maka kami berharap masyarakat lebih mudah berbelanja, karena tidak perlu masuk ke dalam lebih jauh,” ujarnya.

Sebagai informasi, penetapan 1 Ramadan 1443 Hijriyah jatuh pada Minggu, 3 April 2022. Penetapan awal bulan puasa ditetapkan Kementerian Agama berdasarkan hasil sidang isbat yang dilaksanakan pukul 18.00 WIB, Jumat (1/4).



Pos terkait