Pastikan Keamanan Ibadah Natal, Tim Penjinak Bom Sterilisasi Gereja di Sampit 

natal
ANTISIPASI: Tim Gegana Brimob Polda Kalteng melalukan sterilisasi di Gereja Joan Don Bosco, Sampit, Minggu (24/12/2023). Di Palangka Raya, unsur Forkopimda Kalteng memantau pengamanan di sejumlah gereja. (FAHRY/RADAR SAMPIT)

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Aparat TNI dan Polri memastikan perayaan ibadah Natal di Kalimantan Tengah berjalan lancar. Kapolda Kalteng Irjen Pol Djoko Poerwanto bersama Danrem 102 Panju Panjung Brigjen TNI Iwan Rosandriyanto, Sekda Nuryakin, Kejati Kalteng Undang Mugopal, dan unsur Forkopimda lainnya mendatangi sejumlah gereja di Palangka Raya untuk memantau pengamanan.

Djoko mengatakan, secara keseluruhan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat berjalan lancar, aman, dan tidak ada kendala. Umat Nasrani secara khidmat dan khusuk melakukan perayaan ibadah Natal. ”Aman semua. Mulai dari perayaan Natal dan kamtibmas berjalan baik. Saya apresiasi masyarakat Kalteng yang berkomitmen untuk hal tersebut,” ujarnya, Minggu (24/12/2023).

Bacaan Lainnya

Djoko menuturkan, selain peninjauan lapangan, pihaknya juga memantau pengamanan di daerah secara virtual melalui video konferensi. Hasil dari laporan yang disampaikan, suasana malam Natal di Kalteng dipastikan aman dan kondusif. ”Ini merupakan langkah nyata saya bersama Forkopimda memastikan keamanan serta kenyamanan bagi umat Kristiani yang merayakan Natal di Kalteng,” tegasnya.

Baca Juga :  SMPN 1 Sampit Ajarkan Semangat Gotong Royong

Sementara itu, Iwan Rosandriyanto mengapresiasi sinergitas tersebut. Dia menegaskan TNI terus membantu agar situasi kamtibmas kondusif. ”Melaksanakan tugas dan memberikan rasa nyaman bagi warga. Sinergitas ini bagian menghadapi kesulitan yang dihadapi untuk membantu masyarakat. Kepada seluruh personel jaga kesehatan dalam melaksanakan tugas,” katanya.

Sterilisasi Gereja

Di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Tim Khusus Penjinak Bom Gegana Satbrimob Polda Kalteng dikerahkan melakukan sterilisasi di sejumlah gereja. Hal tersebut untuk memastikan keamanan dan kenyamanan jemaat saat menjalankan ibadah Natal.

Pantauan Radar Sampit, ada enam personel penjinak bom yang dikerahkan memeriksa sejumlah gereja di Kota Sampit. Sterilisasi mulai dilakukan dari lokasi parkir, depan gereja, pintu masuk, taman di sekitar gereja, hingga bagian dalam.

”Untuk sterilisasi sudah kami lakukan di sejumlah gereja di Kota Sampit. Seperti Gereja Maranatha, Gereja Joan Don Bosco,” kata Ipda I Made Darma, petugas yang memimpin kegiatan.



Pos terkait