Pemain Naturalisasi dan Masa Depan Timnas Indonesia

ariel adythiatama setiawan 
Ariel Adythiatama Setiawan  Mahasiswa UMM Prodi Ilmu Pemerintahan

Salah satu cara untuk meningkatkan sumber daya manusia adalah melalui pembinaan olahraga, yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan jasmani, rohani, dan prestasi olahraga, sehingga menumbuhkan rasa nasionalisme dan membentuk individu yang disiplin, jujur, dan sportivitas yang tinggi.

SSB (Sekolah Sepak Bola) adalah wadah yang memiliki tempat yang signifikan dan berkontribusi pada mengawasi, mengembangkan, dan mengarahkan pertumbuhan potensi bermain sepak bola anak pada usia dini.

Bacaan Lainnya

Mengapa SSB itu penting? Karena melalui SSB niscaya potensi besar sang anak pada usia dini bisa tersalurkan dengan adanya fasilitas-fasilitas untuk melatih sang anak.

Namun, kekurangannya pada saat ini yaitu kurangnya penyelenggaraan jangka Panjang turnamen sepakbola pada kelompok usia dini. Karena yang terjadi di Indonesia yaitu hanya sekedar festival saja, sehingga jangka waktunya tidak lama.

Baca Juga :  Mengenal Lebih Jauh soal Kecemasan (Anxyetas)

Masih banyak lagi hal yang harus diperbaiki dari persepakbolaan di negara tercinta Indonesia ini. Sangat diharapkan dengan peningkatan yang sangat signifikan di Tingkat timnas dapat mempengaruhi pada sektor-sektor lain.

Seperti meningkatnya kualitas liga professional kita, meningkatnya turnamen pada kelompok usia dini, meningkatnya kualitas para penyelenggara pertandingan kita, dan juga yang terpenting yaitu meningkatnya kualitas alat sarana serta prasarana penunjang kompetisi kita.

Teruntuk federasi, jangan terbuai oleh nyamannya naturalisasi. Karena pembinaan pada usia dini lah yang merupakan aset besar kita dikemudian hari.

Terakhir pesan saya, yaitu tetap optimis dan positif terhadap masa depan timnas Indonesia. Selalu berikan motivasi serta dukungan kepada para punggawa garuda muda. Dan ingat, Jika tidak mampu mendukung timnas saat kalah, jangan ikut bersorak saat timnas menang.

Wassalam..

 



Pos terkait