Pemerintah Naikkan Patokan Harga Eceran Beras

harga beras
Pedagang beras di Pasar Cipinang. (Nurul Fitriana/JawaPos.com)  

’’Sambil flush out beras yang harga perolehan sebelumnya jauh lebih tinggi,’’ katanya.

Dia menjelaskan bahwa panen raya dalam negeri saat ini semakin banyak. Harapannya stok beras di pasar modern dan tradisional kembali melimpah. Sehingga bisa menurunkan harga jual ke konsumen.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma’ruf Amin kembali berkomentar soal gejolak harga beras. Dia mengatakan sebelumnya memang upaya menurunkan harga jual beras cukup sulit. Karena memang stoknya terbatas akibat panen mundur efek dari El Nino. ’’Karena memang belum panen,’’ katanya.

Tetapi saat ini sejumlah daerah sudah mulai panen raya beras. Sehingga dia berharap pasokan besar di pasaran kembali stabil lagi. Ma’ruf mengatakan pemerintah terus berupaya menjaga stabilitas pasokan beras. Baik itu lewat produksi dalam negeri maupun impor dari negara lain.

Baca Juga :  Harga Kebutuhan Pokok Terus Naik, Pj Bupati Datangi Pasar Induk

Direktur Eksekutif Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira Adhinegara menilai, jika HET naik sampai Rp14.900 imbasnya tentu ke penyesuaian beras di ritel.

Serta ada kecenderungan penjual menyesuaikan harga mendekat HET untuk memaksimalkan marjin keuntungan. Selain itu efeknya berimbas juga ke masyarakat kelompok menengah rentan.

Mengenai kepastian ketika HET naik berbanding lurus dengan ketersediaan dijamin aman, Bhima cukup menyangsikan itu. Mengingat, stok beras saat ini terbatas. Apalagi usai penyaluran bansos beras yang jor-joran jelang pemilu lalu.

Ditambah, beberapa daerah masih menunggu panen raya. Khususnya di wilayah lumbung padi nasional seperti Jawa Tengah, Jogjakarta, dan Jawa Timur.

“Pasokan beras dengan HET terbaru bisa digelontorkan lagi oleh pelaku ritel, tapi apa stoknya ada? Jadi HET naik tapi stok belum otomatis berlimpah di ritel,” ujar Bhima kepada Jawa Pos.

Justru yang perlu disoroti adalah dugaan penimbunan beras. Apalagi ketika HET naik lantas stok beras di pasaran memadai. “Nah ini perlu diwaspadai kecenderungan stok baru dilepas setelah ada penyesuaian HET,” bebernya. (wan/han/dee/jpg)



Pos terkait