Pemkab Kobar Sambut Peserta Yacht Rally di Dermaga Wisata TNTP

wisata kobar 1
PENYAMBUTAN: Para turis rombongan wisatawan diajari nenyumpit dan mengenal budaya lokal pada acara penyambutan di dermaga wisata, Sabtu (21/10/2023).

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat menyambut kedatangan rombongan wisatawan yang tergabung dalam Wonderful Sail Internasional to Indonesia Yacht Rally 2023. Peserta Yacht Rally disambut di dermaga wisata Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) Kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat, Sabtu (21/10/2023).

Asisten II Setda Kobar Kamaludin mewakili Penjabat Bupati Kobar Budi Santosa mengatakan, Kabupaten Kotawaringin Barat menjadi salah satu titik singgah Sail Indonesia sejak tahun 2008 sampai dengan sekarang.

Bacaan Lainnya

“Pada tahun 2023 ini merupakan tahun ke 12, kami menyambut peserta sail yang berkunjung dan terima kasih kepada panitia Indonesia Yacht Rally  yang telah memilih Kabupaten Kotawaringin Barat sebagai salah satu tujuan. Kami berharap hal ini akan terus berlangsung pada tahun-tahun mendatang,” jelasnya.

Kumai sudah dikenal dengan keberadaan Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) dan merupakan ibukota dunia bagi orangutan. Kabupaten Kotawaringin Barat juga merupakan tuan rumah bagi penyelenggaraan konferensi internasional kera besar pada tahun 1991.

Baca Juga :  Orang Utan Masih Jadi Magnet Bagi Wisatawan Asing

“TNTP sangat kaya potensi akan keanekaragaman hayati, antara lain potensi ekosistem flora dan fauna lainnya,” jelasnya.

Pangkalan Bun awalnya merupakan daerah Kesultanan Kutaringin. Beberapa bangunan sejarah seperti Istana dan peninggalan sejarah lainnya masih ada di Kobar. “Melalui Indonesia Yacht Rally, semoga bisa menjadi nilai tambah terhadap promosi pariwisata di Kabupaten Kobar,” tutur Kamal. (sam/yit)

 

 

 



Pos terkait