Pemkab Kotawaringin Barat Siapkan Program Tanam Ulin 

Pemkab Kobar
GOTONG ROYONG: Penjabat Bupati Kobar dan Ketua DPRD Kobar melakukan penanaman pohon di water front city, Kelurahan Mendawai, Rabu (26/6/2024).

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Dalam rangka melestarikan lingkungan hidup, Penjabat Bupati Kotawaringin Barat Budi Santoso Sudarmadi akan melakukan gerakan penanaman pohon ulin yang saat ini hampir punah.

“Kayu ulin ini jenis tanaman kualitas terbaik, dan saat ini mulai langka. Pohon ulin ini hanya ada di Kalimantan, saat ini untuk mendapatkan jenis kayu ulin itu sangat sulit, oleh karena itu kita akan melestarikan tanaman lokal yang hampir punah,” ujar Budi Santosa saat gotong royong di Kampung Sega, Rabu (26/6/2024).

Bacaan Lainnya

Menurut Pj Bupati Kobar, untuk mendapatkan bibit ulin, Pemkab Kobar akan bekerjasama dengan Orangutan Foundation Indonesia (OFI) yang selama ini telah melaksanakan gerakan penanaman pohon ulin di beberapa tempat.

“Kita akan mencontoh Nusa Tenggara Timur yang telah melakukan gerakan penanaman pohon cendana. Dalam waktu dekat ini, kami akan undang OFI untuk bekerjasama dalam penanaman bibit pohon ulin tersebut, bila perlu setiap OPD diwajibkan menanam pohon ulin,” ujar Pj Bupati Kobar Budi Santosa.

Baca Juga :  PT.SINP-PBNA Pamerkan Produk UMKM Binaannya

Pj Bupati mengatakan, gerakan penanaman pohon ulin ini sebagai bentuk kepedulian  terhadap kelestarian lingkungan. Jika tanaman lokal punah, maka generasi penerus hanya mengetahui nama kayu ulin itu saja tanpa mengetahui seperti apa bentuk tanaman pohon ulin itu.

“Tanggung jawab kita sangat besar dalam melestarikan lingkungan hidup, sebab saat ini banyaknya hutan yang telah beralih fungsi, kita akan sulit mendapatkan tanaman langka khas daerah kita, kalau kita tidak melakukan penanaman dari sekarang, jangan sampai anak cucu kita nanti tidak bisa lagi melihat langsung bentuk tanaman pohon ulin, hanya mengetahui namanya saja,” pungkasnya. (sam/yit)



Pos terkait