Pemkab Kotim Kebut Perbaikan Jalan Sampai Pengujung Tahun

perbaikan jalan
PERBAIKAN:  Pengaspalan Jalan Perca yang dikerjakan Jumat (29/12/2023). (HENY/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com –  Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan Rakyat, dan Kawasan Permukiman (PUPRPRKP) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengebut perbaikan lima ruas jalan dalam kota sampai tuntas di pengujung 2023. Dalam sepekan terakhir, sejumlah ruas itu ditangani berturut-turut.

Pada Rabu (27/12/2023), pengaspalan Jalan Bangkirai II sepanjang 133 meter dan Jalan Putir Busu 270 meter. Dilanjutkan Kamis (28/12/2023) di Jalan Nyai Balau sepanjang 270 meter dan pada Jumat (29/12/2023) di Jalan Perca sepanjang 300 meter.

Bacaan Lainnya

”Jalan Perca ini tambahan usulan yang sebelumnya sudah ditimbun agregat sekitar dua minggu yang lalu. Setelah ini menyelesaikan pengaspalan Jalan SPG dan kami pastikan pengaspalan tuntas akhir tahun ini juga,” kata Suhardiyono, Pengawas Teknis Jalan dan Jembatan Dinas PUPRPRKP Kotim, Jumat (29/12/2023).

Perbaikan tersebut merupakan usulan masyarakat saat Bupati Kotim Halikinnor meninjau sejumlah ruas jalan dalam kota pada 24 November lalu. Empat hari setelahnya, perbaikan mulai dimulai dengan penimbunan agregat di Jalan SPG dan Bangkirai II. Dilanjutkan di Jalan Putir Busu dan Nyai Balau.

Baca Juga :  Sudah Terpasang, Traffic Light di Persimpangan Wengga Metropolitan Difungsikan setelah Lebaran

Penimbunan agregat dibantu menggunakan dua alat berat berupa road grader untuk meratakan permukaan tanah dan alat berat wales stoom untuk memadatkan material agregat yang sudah diratakan. Kedua alat berat tersebut dikemudikan dua operator, satu pengawas lapangan dan dua tenaga pembantu.

Suhardiyono menambahkan, penimbunan agregat di Jalan SPG menghabiskan 17 rit, Jalan Bengkirai II (dua) 18 rit, Jalan Putir Busu 24 rit dan Jalan Nyai Balau 6 rit. Setiap 1 rit berisi 5 meter kubik yang diangkut menggunakan bantuan tiga truk.

”Selain perbaikan jalan penimbunan agregat dan pengaspalan di lima ruas jalan, kami juga melakukan grading atau meratakan Jalan Pelita Barat sepanjang 1.400 yang dikerjakan selama dua hari. Dilanjutkan di Jalan HM Aryad sepanjang 300 meter dekat arah menuju Bundaran KB,” katanya. (hgn/ign)

 



Pos terkait