Pemkab Kotim Tuntaskan Penyaluran Bantuan Beras

1 bansos beras
DISALURKAN:  Warga menerima bantuan beras pemerintah yang disalurkan melalui PT Pos Indonesia di Kantor Cabang Pembantu Parenggean, baru-baru ini.   (Istimewa/Radar Sampit)

SAMPIT, radarsampit.com – Penyaluran bantuan beras pemerintah dari program Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) sudah tuntas.  Sebanyak 19.362 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) telah menerima bantuan beras dari pemerintah yang disalurkan melalui Kantor PT Pos Indonesia Cabang Sampit dan Badan Urusan Logistik (Bulog) Cabang Sampit sebagai penyedia beras.

”Penyaluran tahap 1 dan tahap 2 sudah tersalurkan 100 persen, untuk penyaluran tahap tiga terakhir disalurkan hari ini (kemarin) dengan realisasi 18.459 KPM yang sudah menerima bantuan beras pemerintah, sisa 903 KPM di wilayah Pulau Hanaut yang masih proses pencarian pengganti untuk KPM yang belum mengambil beras,” kata Mahyudha Fatchulyaqien, Kepala Kantor Pos Sampit, Jumat (30/6).

Bacaan Lainnya

Penyaluran bantuan beras pemerintah pada tahap 1 sudah disalurkan pada 9-18 April 2023, tahap 2 disalurkan pada 5-12 Juni 2023 dan tahap 3 disalurkan pada 12-30 Juni 2023. Bantuan beras sebanyak 10 kg dari pemerintah pusat diserahkan oleh Bupati Kotim Halikinnor secara simbolis untuk KPM di halaman Kantor Kecamatan Baamang, Jumat (14/4) lalu. Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sudah  menyalurkan bantuan beras secara serentak pada 6 April 2023.

Baca Juga :  ASTAGA!!! Parpol di Kotim Catut Nama Warga

“Tiga tahap itu terhitung Maret, April dan Mei. Tetapi proses penyaluran beras mulai disalurkan April dan berakhir Juni. Berasnya disediakan oleh Bulog, kami hanya membantu mendistribusikan beras ke setiap KPM. Khusus wilayah utara Kotim yang jauh dari Kota Sampit disalurkan langsung tiga tahap untuk menghemat biaya operasional supaya tidak bolak balik. Jadi, PBP di kecamatan terjauh langsung dirapel menerima bantuan 30 kg,” ujarnya.

Untuk diketahui, Provinsi Kalteng menyalurkan bantuan beras untuk 117.503 Penerima Beras Pemerintah (PBP) yang tersebar di 14 kabupaten/kota se-Kalteng dengan total beras  1.175.030 kg atau 1.175 ton. Sedangkan alokasi bantuan beras pemerintah untuk Kabupaten Kotim diberikan untuk 19.362 PBP dengan total beras sebanyak 190.362 Kg atau 190 ton.



Pos terkait