Pemprov Kalteng Bantu Pasang Baru Listrik Tahun 2024

society esdm
LISTRIK : Warga menerima bantuan pemasangan sambungan listrik baru secara gratis yang merupakan program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) dari Pemprov Kalteng. (ISTIMEWA/RADAR PALAGKA)

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) dibawa komando Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran SIP terus berkomitmen untuk membangun infrastruktur yang menyentuh langsung kepada masyarakat Kalteng.

Salah satunya adalah program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) berupa bantuan dalam pemasangan sambungan listrik baru secara gratis untuk rumah tangga yang belum berlistrik.

Bacaan Lainnya

“Salah satu upaya Pemprov Kalteng untuk meningkatkan rasio elektrifikasi menuju 100 persen dan membantu masyarakat memperolah akses listrik melalui program bantuan pasang baru listrik,” kata Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kalteng Vent Christway kepada media, belum lama tadi.

Menurut Vent, program BPBL ini menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah Provinsi Kalteng. Sebanyak 5.500 rumah tangga yang belum berlistrik di 13 kabupaten 1 kota akan menerima bantuan BPBL tahun 2024.

Baca Juga :  Disdik Palangka Raya Ingatkan Pelajar Tidak Balapan Liar
vent christway
Vent Christway, Kepala ESDM Kalteng

Masyarakat penerima program BPBL akan mendapatkan instalasi listrik rumah berdaya 900 VA, 3 titik lampu, 1 kotak kontak, pemeriksaan dan pengujian instalasi sertifikat laik operasi (SLO), penyambungan ke PLN dan token listrik perdana.

“Program ini juga gratis tidak dipungut biaya apapun. Dan kesadaran untuk semua masyarakat yang membutuhkan aliran listrik guna pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari,” tambahnya.

Dijelaskan Vent, ada 5 manfaat BPBL yaitu memberi akses listrik kepada masyarakat yang tidak mampu. Menaikan rasio elektrifikasi menuju 100 persen. Menyediakan akses listrik yang aman dan andal karena instalasi yang terstandardisasi. Meningkatkan konsumsi listrik per kapita. Meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

“Kita juga berharap kepada rumah tangga penerima BPBL, akan meningkatkan kualitas kehidupan serta membuka peluang usaha untuk mewujudkan Kalteng yang semakin BERKAH (Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah dan Harmonis),” tutupnya. (hms/apr/nue/dag/fm)



Pos terkait