Pendaftaran Seleksi CPNS Dibuka Mulai 20 Agustus 2024

Pelaksanaan Tes CPNS di Kotim beberapa waktu lalu.(DOK.RADAR SAMPIT)
Pelaksanaan Tes CPNS di Kotim beberapa waktu lalu.(DOK.RADAR SAMPIT)

Belajar dari banyak kesalahan pelamar sebelumnya, hal ini harus dicermati betul. Lalu, baca petunjuk dan persyaratan lain yang ada di instansi yang akan dituju. Pastikan semuanya terpenuhi untuk bisa lolos administrasi.

Dari jadwal yang diberikan, di tahun ini, BKN bakal memfasilitasi penggunaan nilai Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Tahun Anggaran 2023 oleh peserta seleksi. Konfirmasi penggunaan nilai SKD ini dijadwalkan bakal dilaksanakan pada 18-28 September 2024.

Bacaan Lainnya

Ya, ada kebijakan baru soal penggunaan nilai SKD tahun lalu untuk seleksi tahun ini. Hasil SKD CPNS yang diterbitkan dalam bentuk sertifikat dapat digunakan pada satu periode berikutnya. Kebijakan ini sesuai Keputusan Menteri PANRB Nomor 651 tahun 2023 tentang Nilai Ambang Batas.

”Namun apabila peserta seleksi mengikuti SKD periode berikutnya, maka nilai SKD tahun sebelumnya dinyatakan tidak berlaku,” ungkap Haryomo.

Baca Juga :  Kotawaringin Barat Menanti Terbitnya SK TORA

Untuk mengecek keaslian sertifikat yang memuat hasil SKD, peserta dapat membuka alamat sertificat.bkn.go.id. Lalu, ikuti petunjuk yang ada di sana untuk pengajuan penggunaan hasil SKD tahun lalu.

Sementara itu, mengenai jadwal seleksi PPPK, baik BKN maupun Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) masih belum memberikan keterangan lebih lanjut.

Sebelumnya, MenPANRB Abdullah Azwar Anas sempat menyebut, jika seleksi CPNS dan PPPK besar kemungkinan tidak berbarengan. Di awal Agustus, prioritas pemerintah adalah tes CPNS.

Sementara, seleksi untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) masih harus menunggu. Alasannya, persiapan seleksi PPPK masih harus dirapikan terlebih dahulu lantaran menyangkut keuangan pemerintah daerah.

”Ada daerah yang sudah kita siapkan formasinya tapi ternyata gak diambil. Kenapa? (penggunaan, red) Keuangannya sudah lebih dari 35 persen. Jadi ada banyak variabel terkait dengan penyelesaian PPPK ini,” papar mantan kepala LKPP tersebut.

Meski begitu, Anas optimis jika penyelenggaraan seleksi PPPK bisa dilaksanakan Agustus. Meski tak berbarengan dengan seleksi CPNS.



Pos terkait