Persempit Ruang Pengacau Pilkada di Kalteng, Polri dan TNI Latihan Redam Situasi

polisi latihan
LATIHAN: Polda Kalteng menggelar latihan sispamkota bersama TNI di GOR Serbaguna, Jalan Tjilik Riwut km 5, Kota Palangka Raya, Kamis (5/9/2024).

Di tingkat provinsi, Polda Kalteng bersama TNI menggelar sispamkota di GOR Serbaguna, Jalan Tjilik Riwut km 5, Kota Palangka Raya, Kamis (5/9/2024).

Kepala Satgas Humas Operasi Daerah Mantap Praja Telabang 2024 Kombes Pol Erlan Munaji mengatakan, latihan tersebut untuk memaksimalkan kembali teknis pengamanan bersama TNI untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Bacaan Lainnya

”Personel maupun sarpras sudah dipersiapkan dalam peragaan dan latihan di lapangan ini. Dan tentunya dengan meningkatkan kekuatan sinergitas TNI-Polri,” ujar Erlan.

Erlan mengharapkan melalui latihan gabungan tersebut, tahapan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 di Kalteng bisa aman dan kondusif.

Dia juga mengingatkan semua paslon bersaing secara  sehat dengan menjaga kondusifitas daerah melalui persaingan positif, tanpa saling menjatuhkan satu dengan lainnya.

”Siapa pun silakan maju, selagi sesuai dengan tahapan dan aturan yang ada,” tegasnya.

Erlan juga berharap para tim dan pendukung calon, agar mengedukasi politik secara sehat. ”Jalan dengan situasi yang tetap baik, jangan saling fitnah, atau memainkan isu yang belum tentu kebenarannya dan menjatuhkan dengan hal-hal yang tidak benar. Kita harus ciptakan demokrasi yang berakhir damai,” tegasnya.

Baca Juga :  Lanjut atau Pecah Kongsi? Harati Jilid II Masih Misteri

Erlan menambahkan, berbagai langkah telah dilakukan untuk menjaga situasi, berupa persiapan dan perencanaan, yakni membuat rencana keamanan yang komprehensif untuk semua tahapan pilkada. Mulai dari kampanye hingga pemungutan suara dan penghitungan suara.

Selain itu, pemetaan risiko dengan mengidentifikasi potensi risiko dan area rawan konflik untuk merancang strategi pengamanan yang tepat. Lalu, Koordinasi dan kerja sama, yakni bekerja sama dengan KPU, Bawaslu, dan instansi pemerintah lainnya untuk memastikan semua aspek keamanan dan logistik pilkada terkelola dengan baik.

Kemudian, kerja sama dengan TNI melalui koordinasi untuk mendukung pengamanan di area yang memerlukan pengawasan ekstra. Pihaknya juga memantau kegiatan kampanye untuk memastikan semua pihak mematuhi aturan dan tidak melakukan tindakan yang dapat memicu konflik.



Pos terkait