Persiapan Pemeriksaan Kesehatan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kotim

Puasa 12 Jam, Diminta Jawab Ratusan Pertanyaan

RSUD Murjani Sampit
RAPAT KOORDINASI: Rapat persiapan pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan di Aula Rumah Pintar Pemilu, KPU Kotim, Jumat (30/8/2024). (HENY/RADAR SAMPIT)

Bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Sabtu (31/8/2024) pagi ini akan menjalani pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan di RSUD dr Murjani Sampit selama dua hari.

HENY, Sampit | radarsampit.com

Bacaan Lainnya

Sebelum melakukan pemeriksaan kesehatan, tiga bakal paslon yang sebelumnya telah mendaftar menyerahkan berkas pencalonan ke Kantor KPU Kotim Kamis (29/8/2024) lalu, dianjurkan berpuasa selama 8-12 jam. Mereka juga diminta tidak melakukan hubungan intim antara suami istri.

”Mulai malam ini maksimal jam 12 malam. Kami anjurkan semua bakal paslon untuk berpuasa, tidak makan dan minum kecuali air putih, dan tidak melakukan hubungan intim suami istri agar hasil pemeriksaan kesehatan akurat,” kata Anggun Iman Hernawan, Ketua Tim Pemeriksa Kesehatan Bapaslon Pilkada 2024 saat memberikan arahan teknis terkait tahapan pemeriksaan kesehatan di Aula Rumah Pintar Pemilu, Jumat (30/8/2024).

Pada hari pertama pemeriksaan, Sabtu (31/8/2024), dimulai pukul 07.30 WIB. Bapaslon akan disambut di areal parkir belakang gedung RSUD dr Murjani Sampit dan kemudian diarahkan menuju Aula Penunjang Lantai 2 untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.

Baca Juga :  Masjid Baabul Jannah, Beri Pilihan Jemaah Bisa Ikuti Salat 11 Rakaat atau Bertahan 23 Rakaat

”Di hari pertama bapaslon akan melaksanakan pemeriksaan laboratorium, sehingga bapaslon diminta banyak minum dan menahan kencing untuk diambil dua sampel urinenya. Satu sampel untuk pemeriksaan lab dan satunya untuk pemeriksaan narkoba oleh BNN Provinsi Kalteng,” kata Iman yang juga aktif bertugas sebagai Kepala Instalasi Rawat Jalan di RSUD dr Murjani Sampit.

Setelah diambil sampel urine, bapaslon akan diambil darah. Kemudian, disarankan makan yang sudah disiapkan oleh tim kesehatan untuk melihat apakah ada bapaslon yang mengidap penyakit gula.

”Besok juga akan ada pemeriksaan mikroalbumin untuk mendeteksi apakah ada gangguan ginjal atau tidak. Kalau pun ada temuan penyakit, jangan khawatir, karena bapaslon akan dianjurkan melakukan treatment untuk mempertahankan kesehatannya agar tetap stabil,” katanya.

Dua jam setelah pengambilan darah pertama, bapaslon akan diambil darah kedua untuk mendeteksi kadar gula pada saat puasa dan pada saat setelah makan.



Pos terkait