Persiapan Pemeriksaan Kesehatan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kotim

Puasa 12 Jam, Diminta Jawab Ratusan Pertanyaan

RSUD Murjani Sampit
RAPAT KOORDINASI: Rapat persiapan pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan di Aula Rumah Pintar Pemilu, KPU Kotim, Jumat (30/8/2024). (HENY/RADAR SAMPIT)

”Kenapa di awal harus puasa, itu agar hasil pemeriksaan kesehatannya tidak dipengaruhi oleh makanan terakhirnya. Jadi, ada pemeriksaan darah saat puasa dan setelah makan. Terpenting jangan sampai stres, karena 70 persen munculnya penyakit disebabkan stres, sehingga harus bisa kelola dengan baik,” katanya.

Selanjutnya, setelah pemeriksaan lab dan tes narkoba selesai. Dilanjutkan pemeriksaan kesehatan kejiwaan yang dimulai dari tes psikopatologi untuk mengukur dan mengetahui adanya masalah kepribadian atau tidak.

Bacaan Lainnya

”Saat pemeriksaan kejiwaan, kami memerlukan waktu 5-6 jam atau kurang lebih 270 menit. Karena, saat tahapan wawancara tidak bisa dilakukan bersamaan, kami siapkan dua psikiater dan dua dokter spesialis kejiwaan,” katanya.

Kemudian, bapaslon akan melakukan pemeriksaan tertulis selama 3-4 jam yang terdiri dari tes pemeriksaan psikologi IQ dan tes pemeriksaan kepribadian.

”Saat tes tertulis psikometri, bapaslon akan diminta menjawab 567 pertanyaan. Apabila tidak valid bisa diulang. Diulang bukan berarti hasilnya jelek, tetapi untuk memastikan konsistensi jawaban, karena ada pertanyaan serupa yang kemungkinan dijawab berbeda. Itu akan memengaruhi hasil pemeriksaan tes tertulis,” katanya.

Baca Juga :  Perjuangan Pesepeda Asal Pangkalan Bun Ikuti Gowes Kemerdekaan Radar Sampit

Setelah itu, bapaslon diarahkan istirahat makan siang dan salat. Kemudian dilanjutkan tes wawancara dengan durasi 30 menit sampai satu jam.

”Setelah itu dilanjutkan pemeriksaan hari kedua di Gedung Terpadu Poliklinik RSUD dr Murjani Sampit dibagian depan,” katanya.

Pemeriksaan kesehatan bakal paslon di hari kedua dijadwalkan Minggu (1/9) pagi pukul 07.00 WIB. Pemeriksaan kesehatan fisik secara komplet itu meliputi, pemeriksaan organ vital penyakit dalam, bedah, syaraf, paru-paru, mata, THT, jantung, kandungan, rontgen.

”Setiap pemeriksaan organ vital ada dua hingga empat jenis yang diperiksa. Misalkan pemeriksaan jantung itu ada tiga tahapan yang diperiksa. Pemeriksaan kesehatan bakal paslon Pilkada 2024 ini yang paling komplit yang pernah dilaksanakan,” katanya.

Setelah rangkaian pemeriksaan kesehatan selesai dilakukan, Tim Penilai Pemeriksa Kesehatan dan KPU Kotim akan melaksanakan rapat pleno pada Senin (2/9/2024) untuk menentukan bakal pasangan calon yang dinyatakan sehat dan layak maju dalam Pilkada 2024. (***/ign)



Pos terkait