Persiapkan Pembangunan SD di Jalan Kalibata Palangka Raya

disdik palangka
INSPEKSI:  Sekretaris Disdik Kota Palangka Raya,Aprae Vico Ranan bersama jajarannya dan  unsur terkait saat meninjau lokasi lahan di Jalan Kalibata yang direncanakan akan dibangun sekolah dasar negeri. (Istimewa)

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Pendidikan setempat terus menambah fasilitas bangunan sekolah, yang bakal diwujudkan pada 2025 mendatang. Fasilitas Pendidikan tersebut, salah satunya pembangunan sekolah dasar negeri di kawasan komplek perumahan di Jalan Kalibata, Palangka Raya.

Sekretaris Disdik Kota Palangka Raya Aprae Vico Ranan mengatakan, Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya terus berupaya melakukan pemerataan, membuka akses luas dan berkualitas di dunia pendidikan.

Bacaan Lainnya

“Saat ini lahan sudah oke, tinggal administrasi dan yang lain,” ungkapnya, Minggu (11/8/2024), saat meninjau lokasi rencana pendirian bangunan SD.

Dijelaskannya, pembangunan sekolah baru tersebut melihat dari perkembangan penduduk, mengingat pemerataan pendidikan adalah upaya penting untuk memastikan semua anak, tidak peduli latar belakang atau lokasi mereka, memiliki akses yang setara terhadap pendidikan berkualitas.

Baca Juga :  DPKUKMP Terus Gelar Operasi Pasar Bantu Masyarakat

“Maka langkah itu berprdoman dalam sebaran penduduk dengan melihat data sebaran anak usia 7-12 tahun di radius 2 kilometer dari lokasi pembangunan,” terang Vico.

Dipaparkannya pula, beberapa strategi Disdik Palangka Raya untuk mencapai pemerataan pendidikan, yakni pembangunan dan renovasi sekolah. Khuusnya di daerah yang kurang terlayani atau merenovasi sekolah yang sudah ada untuk meningkatkan fasilitas dan kapasitas. ”Kita sudah lakukan tahun 2024 ini, dan tahun 2025 lagi kita lakukan,” tambahnya.

Kemudian lanjut Vico, Disdik Palangka Raya juga menyebarluaskan guru berkualitas ke berbagai daerah, menyediakan pelatihan profesional untuk meningkatkan kualitas pengajaran. Termasuk  program beasiswa dan bantuan Pendidikan.

”Kita juga memberikan beasiswa atau bantuan keuangan kepada pelajar dari keluarga kurang mampu, untuk memastikan mereka dapat melanjutkan pendidikan tanpa hambatan finansial,” imbuhnya.

Dirinya juga menegaskan, fasilitas pendidikan yang dibangun memenuhi standar kualitas yang tinggi. Mencakup pembangunan ruang kelas yang nyaman, perpustakaan yang memadai, serta fasilitas olahraga dan kesenian yang mendukung.



Pos terkait