Perumdam Tirta Arut Buat Inovasi Bank Sampah 

pdam
INOVASI: Direktur Perumdam Tirta Arut Sapriansyah memasukkan plastik bekas ke bank sampah.

PANGKALAN BUN, radarsampit.com — Perusahaan Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Arut Pangkalan Bun menggelar sosialisasi bank sampah plastik Banyu Kinum di warung berunding (Warding), kantor Perumdam Tirta Arut, Jalan Sutan Syahrir, Pangkalan Bun, Rabu (26/6/2024).

Direktur Perumdam Tirta Arut Pangkalan Bun  Sapriansyah mengatakan, inovasi bank sampah ini sebagai bentuk komitmen atas pendirian air minum dalam kemasan (AMDK) yang secara otomatis akan menimbulkan sampah plastik. Pihaknya berinisiatif untuk membentuk bank sampah.

Bacaan Lainnya

“AMDK Banyu Kinum milik kita ini otomatis menyisakan sampah plastik setelah diminum, maka kita berinisiatif membentuk bank sampah. Masyarakat setelah membeli Banyu Kinum, sampah plastiknya atau botol dan gelasnya jangan dibuang. Silahkan masukkan ke bank sampah yang kita bentuk ini,” ungkap Sapri.

Menurutnya, ada nominal rupiah yang akan diterima masyarakat dan pihaknya akan bekerjasama dengan perbankkan terkait pencairannya.

Baca Juga :  Ngeri! Dua Mobil Adu Kuat di Simpang Empat Sutan Syahrir

“Jadi kita akan kerjasamakan dengan perbankkan, masyarakat saat menabung sampah plastik akan bisa melihat saldonya nanti dan itu bisa dicairkan melalui bank yang dikerjasamakan,” kata Sapri.

Sementara ini baru botol atau gelas plastik produk Banyu Kinum yang diterima. Hal ini menjadi  komitmen pihaknya dalam mengelola sampah plastik dari produksi Perumdam itu sendiri.

Menurut Sapri, smart dropbox  dilengkapi dengan teknologi yang dapat mengidentifikasi dan memisahkan jenis sampah plastik. “Dengan adanya Smart Dropbox, kami berharap dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam mendaur ulang sampah plastik, serta mengurangi dampak lingkungan yang ditimbulkan,” ujar Sapriansyah.

Pada kegiatan ini juga disampaikan cara penggunaan smart dropbox yang dianggap cukup sederhana. Masyarakat hanya perlu memasukkan sampah plastik ke dalam kotak pintar, yang kemudian akan secara otomatis menimbang dan mencatat jenis plastik yang dimasukkan. Setiap kali seseorang menggunakan smart dropbox, mereka akan mendapatkan poin yang dapat ditukar dengan berbagai hadiah menarik atau potongan harga pada layanan Perumdam Tirta Arut.



Pos terkait