Peta Politik Pilkada Kotim Belum Final, Bongkar Pasang Paslon Masih Memungkinkan

pilkada kotim ilustrasi
Ilustrasi

SAMPIT, radarsampit.com – Peta politik menjelang Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur masih sangat cair. Bongkar pasang bakal calon masih memungkinkan, meski sudah ada rekomendasi partai politik. Apalagi dua partai besar belum mengumumkan secara resmi jagoannya.

Sejauh ini baru lima partai pemilik kursi di DPRD Kotim yang telah mengumumkan dukungannya yang tersebar di dua bakal pasangan calon, yakni Halikinnor-Suprianti Rambat (Nasdem, PKB, Demokrat) dan Sanidin-Siyono (Golkar-PKS).

Bacaan Lainnya

Empat partai lainnya belum mengumumkan bakal calon yang akan diusung, yakni PDIP, Gerindra, PAN, dan Perindo. Pengumuman PDIP dan Gerindra paling ditunggu, mengingat dua partai itu merupakan pemenang pertama dan kedua Pemilu Legislatif di Kotim pada 14 Februari lalu.

Adapun bakal calon tersisa yang sebelumnya disebut-sebut calon kuat untuk maju, yakni Irawati, Muhammad Rudini, dan Jhon Krisli. Irawati yang jauh sebelumnya disebut akan kembali berpasangan dengan Halikinnor, justru tertinggal setelah tiga partai mendukung Halikinnor Suprianti.

Baca Juga :  Beli Online, Pemudik Sampit Dapat Tiket Kapal Palsu

Muhammad Rudini yang di awal disebut-sebut akan berpasangan dengan Jhon Krisli, namanya kian tenggelam dari bursa. Namun, kans Ketua DPC PAN Kotim tersebut dinilai masih besar.

Demikian pula dengan Jhon Krisli, yang awalnya berupaya membangun koalisi dengan Siyono, harus gigit jari, karena Golkar merekomendasikan Sanidin-Siyono. Nasibnya kian parah setelah partainya sendiri, Demokrat, justru mendukung Halikinnor-Suprianti.

Peluang tiga pentolan politikus Kotim itu belum tertutup sepenuhnya. Partai yang tersisa, PDIP, Gerindra, PAN, dan Perindo, akan jadi penentu.

Arah dukungan empat partai tersebut akan menentukan jumlah pasangan calon yang maju Pilkada Kotim. Di luar itu, masih ada partai politik non parlemen, seperti PPP, Hanura, Gelora, Partai Buruh, Partai Garuda, dan PSI.

Pasangan Halikinnor-Suprianti Rambat masih berpotensi pecah kongsi. Pasalnya, informasi diterima Radar Sampit, Halikinnor bersedia berpasangan dengan Suprianti agar mendapat dukungan dari Gerindra, mengingat pengusaha properti itu merupakan pengurus Gerindra Kalteng.



Pos terkait